Zaman Logam
Pendidikan

Zaman Logam

Table of Contents

Zaman LogamZaman Logam

            Pada zaman logam penduduk nusantara telah mampu mengolah dan melebur logam, kepandaian ini diperoleh setelah mereka menerima pengaruh kebudayaan dongson. Disebut zaman logam karena sebagian besar alat terbuat dari logam. Zaman logam dibedakan menjadi 2 yaitu :

  1. a)Zaman Perunggu

Disebut dengan zaman perunggu karena pada zaman ini dihasilkan peralatan kehidupan yang dari perunggu, yaitu campuran antara timah dan tembaga. Peralatan yang ditinggalkan antara lain nekara, moko, kapak corong, arca perunggu, bejana perunggu dan perhiasan perunggu.

  1. b)Zaman Tembaga

Indonesia tidak mengalami zaman tembaga. Hasil ini membuktikan dengan tidak ditemukannya kehidupan peninggalan-peninggalan benda tembaga purba di indoesia. Setelah zaman perunggu indonesia langsung memasuki zaman besi.

  1. Zaman Besi

Pada zaman ini manusia telah dapat mengelolah bijih-bijih besi untuk membuat peralatan-peralatan yang dibutuhkan manusia itu sendiri. Tingkat kehidupan pada zaman ini sudah jauh lebih baik dari tingkat kehidupan zaman sebelumnya.

Alat-alat yang dihasilkan pada zaman besi berasal dari logam besi yang dilelehkan dan masih agak kasar. Contoh alat yang ditinggalkan antara lain tombak, mata bajak, mata panah, cangkul dan sabit. Benda-benda peninggalan yang terbuat dari besi sangat jarang ditemukan sebab telah termakan oleh pelapukan dan berkarat.

Sumber :

https://kaosfullprint.co.id/