Umum

Yaman terdiri dari dua negara yaitu Yaman Utara dan Yaman Selatan

NEGARA YAMAN MODERN

GEOGRAFI, DEMOGRAFI dan SOSIAL BUDAYA

Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Negara ini berbatasan dengan laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Luas negara ini sekitar 530.000 km2 dan wilayahnya meliputi lebih dari 200 pulau. Pulau terbesarnya ialah Sokorta yang terletak sekitar 415 km dari selatan Yaman, di lepas pantai Somalia. Yaman memiliki macam bentang lahan pegunungan, dataran rendah dan gurun. Sumber daya alam yang terdapat di Yaman terbagi atas sumber daya pertanian dan pertambangan. Di bidang pertanian yaitu kopi, kapas, anggur, gandum dan tembakau. Sedangkan sumber daya pertambangannya berupa minyak dan gas alam.
Yaman adalah suatu negeri dengan geografis luar biasa. Hampir semua jenis tumbuhan sayuran dan buahan dapat tumbuhan di negeri ini, garis pantai yang menghadap laut merah merupakan daerah kering dan liar, tetapi dataran tingginya merupakan daerah sedang dan hijau, sangat berlawanan dengan pemikiran tentang arab yang tandus. Di negeri ini nanti ditemukan sumber minyak serta migas yang diperebutkan.
Yaman merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan Republik dan juga merupakan satu-satunya negara yang berbentuk Republik di Jazirah Arab. Kepala Negara Yaman adalah presiden yang dipilih langsung oleh rakyatnya dengan masa jabatan tujuh tahun dan dapat dipilih untuk kedua kalinya. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden. Nama lengkap Negara Yaman adalah Republik Yaman atau Republik of Yemen. Ibukota Yaman adalah Sana’a dan yang menjadi agama resmi negara ialah agama Islam, serta menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi. Yaman terdiri dari dua negara yaitu Yaman Utara dan Yaman Selatan. Kedua pemerintahan tersebut kemudian mencapai kesepakatan untuk bersatu pada 22 Mei 1990. Hari tersebut kemudian diperingati sebagai hari nasional yaitu Hari Penyatuan Yaman (Yaman Unification Day).
Jumlah penduduk Yaman sekitar 25 juta jiwa. Dari kependudukan tersebut, tercatat sekitar 42% yang merupakan orang-orang Syiah. Warga Yaman merupakan etnis Sami dan Arab Qahtani. Akan tetapi, tidak semua warga Yaman adalah orang-orab Arab. Mayoritas warga Yaman yang tinggal di bagian utara adalah orang Arab, sedangkan yang tinggal di wilayah bagian selatan merupakan kelompok imigran yang dating dari India, Pakistan, Somalia dan Ethopia.
Kehidupan sosial di Yaman berdasarkan hukum adat. Berbagai suku hidup di Yaman dan pemimpin mereka disebut sebagai Syeikh. Hingga kini, suku terbesar di Yaman adalah suku Hashid dan Bakil. Peran kepala suku dianggap sangat penting dalam menentukan stabilitas negara. Sehingga mereka diibaratkan negara dalam negara. Hal ini merupakan salah satu faktor pemicu instabilitas dan kekacauan politik di Yaman karena adanya sistem pemerintahan dalam sosial masyarakat yang bertentangan dengan sistem pemerintahan kenegaraan.


Sumber: https://ngegas.com/