Unik, Bangunan Perpustakaan Dibangun dari Wadah Es Krim

Unik, Bangunan Perpustakaan Dibangun dari Wadah Es Krim

Unik, Bangunan Perpustakaan Dibangun dari Wadah Es Krim

 

Unik, Bangunan Perpustakaan Dibangun dari Wadah Es Krim

BANDUNG, DISDIK JABAR

Sebuah bangunan berwujud unik yang berdiri di Jalan Bima 100 B Pajajaran Kota Bandung, ternyata adalah sebuah perpustakaan. Dindingnya terbuat dari susunan limbah wadah es krim. Bernama Microlibrary Bima, dindingnya yang sebagian berlubang itu berfungsi sebagai ventilasi.

Desain Microlibrary Bima diresmikan Wali Kota Ridwan Kamil pada Tahun 2015

Pembuatan Microlibrary Bima hasil kerja sama Pemerintah Kota Bandung, Dompet Dhuafa, Suryawinata Heinzelman Architecture Urbanism (SHAU), serta Indonesian Diaspora Foundation. Karya tersebut meraih salah satu penghargaan di ajang Architizer A+ Awards 2017 untuk kategori Arsitektur Komunitas.

Fasad perpustakaan umum seluas 160 meter persegi ini tersusun dari 2.000 ember es krim

Menariknya, bagian fasad itu membentuk pola binary code yang apabila diterjemahkan memunculkan tulisan “Buku Adalah Jendela Dunia”. Pemanfaatan bahan daur ulang itu membuat biaya pembangunannya dapat ditekan.

Tercatat, bangunan itu hanya membutuhkan biaya Rp 520 juta

Jumlah buku yang ada saat ini sekitar 700 judul. Kebanyakan, ujar Devih, buku untuk anak Sekolah Dasar sekitar 40 persen. Selebihnya buku agama, novel, ilmu pengetahuan, politik, dan bisnis, Microlibrary Bima buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Tempat ini disediakan untuk mendukung kegiatan membaca dan juga belajar serta kegiatan sosial lainya. Dengan konsep rancangan yang mengacu pada nilai-nilai ramah lingkungan serta misi mulia yang menjadi dasar pembangunannya.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/