TUJUAN,LAPANGAN DAN METHODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Pendidikan

TUJUAN,LAPANGAN DAN METHODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN

TUJUAN,LAPANGAN DAN METHODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN

TUJUAN,LAPANGAN DAN METHODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN

PENGERTIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Psikologi pendidikan yaitu ilmu yang membahas segi-segi psikologi dalam lapangan pendidikan. Dari sudut tingkah laku dan perbuatan manusia dalam segala macam situasi, maka psikologi pendidikan adalah studi ilmiah mengenai tingkah laku individu dalam situasi pendidikan.

Tujuan psikologi pendidikan ialah mempelajari tingakh laku manusia dan perbuatan tingkah laku itu sebagai akibat proses dari tangan pendidikan dan berusaha bagaimana suatu tingkah laku itu seharusnya diubah, dibimbing melalui pendidikan. Dengan kata lain ahli psikologi pendidikan berusaha untuk mempelajari, menganalisa, menerangkan dan memimpin proses pendidikan sedemikian rupa sehingga mendapatkan suatu sistem pendidikan yang efisien.

RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Pada umumnya isi atau daerah psikologi pendidikan dapat dibagi menjadi 4 golongan:

Pertumbuhan dan perkembangan individu yang dibicarakan di antaranay heriditet dan lingkungan perlengkapan dasar dan ajar manusia, teori-teori dari pertumbuhan dan perkembangan individu.
Masalah belajar (Bahasa pengajaran) dan perbuatan belajar. Ini termasuk pembatasan belajar bagaimana proses motif dan faktor yang mempengaruhi hasil perbuatan belajar, methode belajar, teori belajar dan alat perlengkapannya yang akan dibahas secara tuntas dan mendalam lagi mendasar dikemudian.
Pengukuran dan penilaian. Prinsip-prinsip dari testing, penggunaannya dalam pengukuran kecerdasan dan hasil-hasil perbuatan belajar faedah testing untuk pekerjaan sekolah.
Penyuluhan dan bimbingan. Yang dibicarakan di antaranya dasar-dasar dari penyuluhan dan bimbingan, macamnya serta tujuannya termasuk persoalan mental-hygiene di sekolah.

METHODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Methode Instropeksi
Methode Observasi.
Methode Eksperimen.
Methode Test.
Methode Angket.
Methode Proyeksi.
Methode Case Studi.
Methode Klinis.
Methode Statistik.

ARTI DAN MANFAAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI GURU

Dengan uraian diatas jelaslah bahwa pengetahuan psikologi pendidikan merupakan salah satu pengetahuan yang perlu dipelajari dan dipahami oleh seorang guru agar dapat menjalankan tugas sebagai guru dengan cara yang sebaik-baiknya.

Baca juga: