Tujuan dan Kegunaan Antropologi
Pendidikan

Tujuan dan Kegunaan Antropologi

Tujuan dan Kegunaan Antropologi

Tujuan dan Kegunaan Antropologi

Setiap antropologi yang memulai

penelitian lapangan perdana nya, pada umumnya mencari suatu bangsa atau kelompok yang belum pernah di teliti. Tujuannya sudah jelas adalah untuk memperluas arena perbandingan di samping untuk merekam berbagai budaya sebelum budaya-budaya itu lenyap. Antropologi memang merupakan studi tentang manusia. Ia tidak hanyasebagai suatu disiplin ilmu yang bersifat akademis tetapi juga merupakan suatu cara hidup yang berusaha menyampaikan kepada para mahasiswa apa yang telah diketahui orang.
Antropologi fisik memusatkan perhatiannya pada manusia sebagai organisme biologis yang tekanannya pada upaya melacak evolusi perkembangan manusia dan mempelajari variasi-variasi biologis dalam spesies manusia.Sedangkan Antropologi budaya berusaha mempelajari manusia berdasarkan kebudayaan nya.

Selain itu, antropologi bermaksud mempelajari umat manusia secara objektif, paling tidak mendekati objektif dan sistematis. Sedangkan data yang digunakan ahli antropologi dapat berupa data dari suatu masyarakat atau studi komparatif diantara sejumlah besar masyarakat


Baca Juga :