Pendidikan

Teori-teori pembelajaran psikologi pendidikan

https://periskop.co.id/chimeras-apk/Teori-teori pembelajaran psikologi pendidikan

dengan berkembangnya psikologi dalam pendidikan maka bersamaan dengan itu bermunculan pula berbagai teori tentang belajar. Berikut adalah tiga macam teori belajar dari pandangan psikologi utama yaitu pandangan behavioristik, kognitif, humanistik.

  1. Teori belajar psikologi behavioristik

Teori belajar behavioristik dikemukakan oleh psikolog disebut “cintremporary behavioristik” atau juga disebut  “S-R psychologists”. Mereka berpendapat, bahwa tingkah laku manusia itu di kendalikan oleh ganjaran ( reward ) atau penguatan ( reinforcement ) dari lingkungan. Dengan demikian dalam tingkah laku belajar terdapat jalinan yang erat antara reaksi-reaksi behavioral dengan stimulasinya.

Psikologi aliran behavioristik mulai berkembang sejak lahirnya teori-teori tentang belajar yang di pelopori oleh thorndike, Pavlov, Waston, dan Guthrie. Mereka masing-masing telah mengadakan penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang berharga mengenai hal belajar.

  1. Teori belajar psikologi belajar kognitif

Dalam teori belajar ini berpendapat, bahwa tingkah laku seorang tidak hanya di control oleh  “reward” dan “reinforcement”. Menurut pendapat para ahli jiwa aliran kognitif ialah tingkah laku seseorang senantiasa di dasarkan pada kognisi, yaitu tindakan mengenal atau memikirkan situasi di mana tingkah laku itu terjadi.Dalam situasi belajar sesorang terlibat dalam situasi dan memperoleh “insight” untuk pemecahan masalah.Jadi kaum kognitif berpandangan, bahwa tingkah laku sesorang bergantung kepada insight terhadap hubungan-hubungan yang ada di dalam situasi.

  1. Teori belajar Psikologi Humanistis

Psikologi humanistis berusaha memahami tingkah laku individu dari sudut pandang pelaku, bukan sekedar dari pengamatan.Tujuan utama pendidik yaitu membantu siswa untuk mengembangkan dirinya dengan membantu mewujudkan potensi-potensi yang ada pada dirinya.

sumber :

Chimeras: Cursed and Forgotten Collector’s Edition 1.0 Apk