Teori Monistik ( mono= satu )
Pendidikan

Teori Monistik ( mono= satu )

Teori Monistik ( mono= satu )

Teori Monistik ( mono= satu )

            Teori monistik berpendapat, bahwa yang menjadi sumber kejiwaan agama itu adalah satu sumber kejiwaan. Selanjutnya sumber tunggal manakah yang dimaksut yang paling dominan sebagai sumber kejiwaan itu timbul beberapa pendapat, yaitu yang dikemukakan oleh:

  1. Thomas Van Aquino

      Sesuai dengan misalnya Thomas Aquino mengemukakan bahwa yang menjadi sumber kejiwaan agama itu, ialah berpikir.  Manusia- ber-tuhan karena manusia menggunakan kemampuan berpikirnya. Kehidupan beragama merupakan refleksi dari kehidupan berpikir manusia itu sendiri. Pandangan semacam ini masih tetap mendapat tempatnya hingga sekarang dimana para ahli mendewakan rasio sebagai satu-satunya motif yang menjadi sumber agama.

  1. Fredrick Hegel

      Hampir sama dengan pendapat yang dikemukakan oleh Thomas Van Aquino, maka filosof jerman ini berpendapat agama adalah suatu pengetahuan yang sungguh-sungguh benar dan tempat kebenaran abadi. Berdasarkan hal-hal atau persoalan yang berhubungan dengan pikiran.

  1. Fredrick Schleimacher

      Berlain dengan pendapat kudua ahli di atas, maka F. Schleimacher berpendapat, bahwa yang menjadi sumber keagamaan itu adalah rasa ketergantungan yang mutlak ( sense of depend ). Dengan adanya rasa ketergantungan yang mutlak ini manusia merasakan dirinya lemah. Kelemahan ini menyebabkan manusia selalu tergantung hidupnya dengan suatu kekuasaan yang berada di luar dirinya. Berdasarkan rasa ketergantungan itulah timbul konsep tentang tuhan. [9]

      Manuia merasa tak berdaya menghadapi tantangan alam yang selalu dialaminya, makanya mereka menggantung harapannya kepada suatu kekuasaan  yang mereka anggap mutlak adanya. Berdasarkan konsep ini timbullah upacara untuk meminta perlindungan kepada kekuasaan yang diyakini dapatbmelindungi mereka. Rasa ketergantungan yang mutlak ini dapat dibuktikan dalam realitas upacara keagamaan dan pengabdian para penganut agama kepada suatu kekuasaan yang mereka  namakan tuhan.

  1. Rudolf  Otto

      Menurut tokoh ini sumber kejiwaan agama adalah rasa kagum yang berasal dari the wholly other ( yang sama sekali lain ). Jika seseorang dipengaruhi rasa kagum terhadap suatu yang dianggapnya lain dari yang lain, maka keadaan mental seperti itu diistilahkan oleh R. Otto Numinous. Perasaan yang semacam itulah yang menurut pendapatnya sebagai sumber d

ari kejiwaan agama pada manusia.  Walaupun faktor-faktor lainnya diakui pula R. Otto namun ia berpendapat Numinous merupakan sumber yang esensial.

sumber :
https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/