Teori Konvergensi
Pendidikan

Teori Konvergensi

Teori Konvergensi

Teori Konvergensi

Teori konvergensi ini berpendapat bahwa manusia dalam perkembangan hidupnya dipengaruhi oleh bakat/pembawaan dan lingkungan, atau oleh dasar dan ajar. Manusia lahir telah membawa benih-benih tertentu, beni-benih mana baru bisa tumbuh berkembang karena pengaruh lingkungan.

Perkembangan Benih

Dengan demikian perkembangan benih itu tergantung pada lingkungannya. Usaha pendidikan yang harus dilakukan ialah mengusahakan agar benih-benih yang baik dapat berkembang sampai batas maksimum dan perkembangan benih-benih yang jelek direm ditekan sekuat mungkin sehingga benih yang jelek itu tidak dapat tumbuh.

Massa Sekolah

Masa sekolah yang biasanya umur 6 tahun sampai 12 tahun.

Dinamakan masa sekolah sebab bagi anak normal, anak telah matang untuk mengikuti pelajaran sekolah dasar. Adapun tanda-tanda kematangan itu antara lain yang penting:

a). Telah ada kesadaran terhadap kewajiban dan pekerjaan. Anak telah ada kesanggupan menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh orang lain walaupun tugas-tugas itu mungkin tidak disukai.

b). Perasaan kemasyarakatan telah berkembang luas hingga mampu bergaul dan bekerja sama dengan anak lain yang sebaya umurnya.

Baca juga: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03/teks-proklamasi.html

c). Telah memiliki perkembangan intelek yang cukup besar, hingga telah memiliki minat kecakapan dan pengetahuan.

d). Telah memiliki perkembangan jasmani yang cukup kuat untuk melakukan tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban di sekolah. Pada permulaan periode ini ditandai aktivitas-aktivitas jasmani yang besar, karenanya memerlukan gerak bebas.