Tanaman sawi dilahan pekarangan rumah
Perkebunan

Tanaman sawi dilahan pekarangan rumah

Tanaman sawi dilahan pekarangan rumah

Tanaman sawi dilahan pekarangan rumah
Tanaman sawi dilahan pekarangan rumah

Tanaman sayuran ini cukup banyak masyarakat menggemarinya, dan mudah untuk didapatkan baik pasar tradisional maupun pasar modern mungkin karena dari hari kehari kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran cukup meningkat, Ini dapat terlihat dari tempat – tempat ramai dikunjungi ibu rumah tangga kalau ada dipasar adalah titik penjual sayur, dan sayuran yang mungkin banyak penggemarnya adalah jenis sayur sawi.

Jenis Sayur Sawi

Sedangkan sayur sawi terdiri dari beberapa jenis sawi putih, sawi ijo, sawi pakcoi. Namun yang paling banyak peminatnya afalah sawi putih dan ijo, jenis ini yang paling populer dimasyarakat. Banyak orang disaat ini menjadikan hal itu sebagai peluang usaha dengan bercocok tanam sayuran diberbagai media, nah yang paling sederhana adalah banyak orang – orang terutama diperumahan sekalipun jika punya lahan kosong dimamfaatkan untuk bercocok tanam sayuran. Ada juga sekelompok masyarakat bercocok tanam sambil menyalurkan hoby berkebunnya sambil menjadikan tanan sawi sebagai konsumsi keluarga karena pertimbangan akan konsumsi sayuran segar langsung dari kebun.

Ada beberapa trik ketika kita ingin menanan tanaman sawi dipekarangan rumah yaitu

Media Tanah

Tanah yang ingin dijadikan lahan adalah yang bersih dari rerumputan atau terbebas dari gulma, agar tanaman sawi nantinya gampang menyerap nutrisi dari dalam tanah, tanah yang sudah bersih kalau bisa dihancur rata memakai pacul, kemudian tanah murni yang sudah hancur ditaburi sekang padi yang habis dibakar, terus tindakan terakhir adalah pencampuran pupuk kandang. Jadi ketiga unsur tadi kalau bisa harus tercampu secara merata kemudian disiram secukupnya agar tanah tetap terjaga kelembabannya.

Baca Juga: https://berkebun.co.id/cara-mengawinkan-ikan-cupang/

Tanaman sawi hijau

* Salah satu kelebihannya jika kita menanam sayuran dekat rumah adalah tanaman mudah dikontrol dari hama dan peraeatan cukup sederhana cukup menyiramnya air secukupnya agar tanaman dan sekitarnya tetap lembab.
* Tanah yang mau ditanami tanaman sawi bentuk bedengan lebar sekitar 40 cm agar bisa 2 bari tanaman sawi diatas berjejer.Tiap lubang berjarak 5 cm. Perawatan tanaman sawi.Bibit sawi yang telah kita tanam
dalam bedengan tanah butuh beberapa hari untuk muncul kepermukaan , setelah mulai tumbuh kita mulai melakukan penyiangan mengingat tanaman ini cukup halus sangat mudah diserang ham termasuk semut.
* langkah perawatan selanjutnya ketika tanaman sawi memasuki musim panen kita mesti melepas daun yang mulai kuning agar tidak merusak yang masih utuh, tanaman ini tidak bisa terlalu lama melewati masa panen karena akan kelihatan daunnya tua serta daun mengecil.