SEO untuk Optimalkan Magento E-Commerce Anda

SEO untuk Optimalkan Magento E-Commerce Anda

SEO untuk Optimalkan Magento E-Commerce Anda

SEO untuk Optimalkan Magento E-Commerce Anda
SEO untuk Optimalkan Magento E-Commerce Anda

Magento  merupakan

sebuah platform open source e-commerce. Magento tanpa diragukan lagi merupakan salah satu solusi paling populer yang tersedia untuk menyiapkan sebuah situs web e-commerce untuk bisnis Anda.

 

Berikut ini 5 tips untuk mengoptimalkan SEO pada Magento website:

1.       Halaman Konten (Content Pages)

Bagian ini merupakan faktor yang paling dasar dalam SEO. Judul halaman adalah bagian yang penting dan berpengaruh terhadap mesin pencari untuk menemukan konten halaman website Anda. Anda akan dapat dengan mudah mengubah atau edit judul halaman website dalam Magento CMS. Caranya adalah sebagai beikut:

Magento -> CMS -> Manage Pages -> Choose which page to edit -> General Information -> Page Title

Dari sini Anda dapat mengedit judul halaman konten yang dipilih. Sangat penting untuk diingat bahwa jumlah karakter maksimal untuk judul halaman adalah 70 karakter. Anda juga dapat mengubah deskripsi halaman dengan mengklik Meta description pada halaman informasi sub-menu. Panjang optimal untuk deskripsi halaman adalah 156 karakter.

Kategori Artikel (Category Pages)

Cara mengoptimalkan judul halaman dan deskripsi untuk halaman kategori sangat mirip dengan halaman konten seperti di atas. Anda dapat mengedit halaman kategori dengan menavigasi ke:

Catalogue -> Manage Categories -> Choose Category

Ingatlah, setiap Category Pages dan deskripsi harus unik. Anda dapat menggunakan Google Webmaster Tools untuk membantu menemukan dan memeriksa apakah Category Pages dan deskripsi  sudah pernah Anda pakai atau belum.

Halaman Produk (Product Pages)

Jika situs E-Commerce Magento Anda memiliki puluhan ribu produk yang diperbarui secara dinamis setiap hari maka pilihan yang paling efektif untuk perubahan judul halaman dan deskripsi adalah memodifikasi dengan custom rule. Custom rule akan memungkinkan Anda untuk menentukan judul halaman dan deskripsi untuk situs web mengikuti pola tertentu. Sebagai contoh: “% PRODUCT%, %SUB_CATEGORY%, %% KATEGORI,  kata kunci % COMPANY_NAME%”. Anda dapat juga menggunakan cara tersebut untuk Meta description.

Manajemen URL (URL Rewrite Management)

URL adalah salah satu faktor utama ketika ingin mengoptimalkan situs web pada mesin pencari. Hal ini tentu saja tidak berbeda dengan Magento e-commerce dan Rewrite URL Manajer yang merupakan pilihan terbaik untuk mengubah URL secara dinamis ke dalam mesin pencari sehingga memungkinkan Anda untuk membuat URL yang berisi kata kunci yang ditargetkan.

Default Robot Options

Dengan Anda menavigasi ke

System -> Configuration -> Design -> HTML Head

Anda dapat memilih instruksi untuk diberikan ke robot menelusuri halaman web Anda. Dalam hai ini noindex,nofollow; index,follow; noindex,follow; index,nofollow, pada file robots.txt. Jangan sampai salah mengedit file tersebut.

User-agent: *, User-agent: googlebot, Disallow: /folder/, Disallow: /folder/filename.html

 

Google Webmaster Tools & Analytics Integration

Google Webmaster Tools dan Analytics digunakan untuk memantau situs Magento. Fitur lain-lain di Magento dapat digunakan untuk menambahkan verification tag pada Webmaster Google Tools. Caranya dengan menavigasi ke

System -> Configuration -> Design -> HTML Head

Anda dapat mengakses fitur miscellaneous head untuk memasukkan kode verifikasi Google WMT. Tentu saja ada cara lain untuk memverifikasi situs Anda, seperti upload file unik untuk server Anda.

Menyiapkan pelacakan Google Analytics juga sangat mudah. Berikut caranya:

System -> Configuration -> Google API -> Google Analytics

Langkah di atas akan memungkinkan Anda untuk memasukkan nomor UA unik untuk situs Anda. Kode UA dapat ditemukan dengan masuk ke akun Google Analytics Anda dan akan ditempatkan pada halaman pengaturan akun (account setting page). Jika Anda tertarik untuk melacak data e-commerce dengan GoogleAnalyticsPlus yang tersedia pada extension situs Magento.

 

Google XML Sitemap Generator

Google Sitemap Generator adalah alat yang dimasukkan pada intrnet server untuk mendapatkan Sitemaps. Google Sitemap Generator mengambil pendekatan yang berbeda, ia akan memonitor lalu lintas internet server Anda dan menemukan update ke situs web Anda secara mekanis. Magento memiliki Google XML sitemap generator yang dapat Anda gunakan untuk dengan mudah membuat dan mengirimkan sitemap XML untuk Google. Hal ini dapat ditemukan pada System -> Configuration -> Google Sitemap.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/