Semua Kepsek Wajib Ikut Diklat

Semua Kepsek Wajib Ikut Diklat

Semua Kepsek Wajib Ikut Diklat

Semua Kepsek Wajib Ikut Diklat
Semua Kepsek Wajib Ikut Diklat

Mau tak mau, kepala sekolah, baik TK, SD maupun SMP yang belum memiliki Surat Tan­da Tamat Pendidikan

dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (STTP-PCKS) harus mengikuti Pendidikan dan Pe­latihan (Diklat) di Lembaga Peng­embangan dan Pemberdayaan Ke­pala Sekolah (LP2KS), Solo, Jawa Tengah.

Sebab, hal itu sudah menjadi ama­nah Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan

(Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Selain itu, mereka nantinya tak akan bisa menandatangani, baik ijazah mau­pun pencairan dana Bantuan Ope­rasional Sekolah (BOS) apabila be­lum memiliki (STTP-PCKS).

”Benar, kita akan ’mensekolahkan’ kepala sekolah yang belum punya STTP-PCKS atau belum mengikuti Diklat LP2KS di Solo. Jadi, kita ma­sih berkoordinasi dengan Kemen­dikbud, apakah bisa dilaksanakan secara mandiri apa biaya dari APBN,” beber Kepala Dinas Pendidikan (Ka­disdik) Kota Bogor, Fahrudin.

Sedangkan Kasubbag Umum Kepe­gawaian Disdik Kota Bogor, Ayub Cahyono, mengatakan, kepala se­kolah

yang diharuskan untuk mengik­uti Diklat LP2KS, yakni yang diang­kat pada 2014 ke bawah. Sebab, saat dibeli tugas tambahan sebagai ke­pala sekolah, mereka belum punya sertifikat kepala sekolah dan nomor unik kepala sekolah,” terangnya.

Jadi, tambah Ayub, untuk melaks­anakan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 itu, Disdik Kota Bogor mulai melakukan sosialisasi. Sehingga pada 2020 kepala sekolah tingkat TK, SD dan SMP di Kota hujan ini sudah me­miliki STTP-PCKS

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/