Pendidikan

Reaksi Golongan Muda

  1. Reaksi Golongan Muda

  1. Kongres Pemuda Seluruh Jawa

Pada tanggal 16 Mei 1945 di Bandung telah diadakan Kongres Pemuda Seluruh Jawa yang diprakasai oleh Anggota Moeda Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 utusan pemuda, pelajar, dan mahasiswa seluruh Jawa. Kongres tersebut menghimbau para pemuda di Jawa hendaknya bersatu dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan proklamasi kemerdekaan yang bukan merupakan hadiah dari Jepang.

Lalu akhirnya organisasi yang awalnya dibentuk atas inisiatif Jepang lalu berkembang menjadi anti Jepang tersebut membuahkan dua resolusi. Yaitu;

  1. Semua golongan Indonesia, terutama golongan pemuda dipersatukan dan dibulatkan di bawah satu pimpinan nasional.
  2. Dipercepat pelaksanaan pernyataan kemerdekaan Indonesia.

Walaupun demikian, pada akhirnya kongres itu menyatakan dukungan sepenuhnya dan kerja sama erat dengan Jepang dalam usaha mencapai kemerdekaan.

  1. Pembentukan Gerakan Angkatan Baroe Indonesia

Sukarni, Harsono Tjokroaminoto, dan Chairul Saleh yang tidak puas terhadap Kongres Pemuda Seluruh Jawa bertekad untuk menyiapkan suatu gerakan pemuda yang lebih radikal. Lalu pada tanggal 3 Juni 1945 sebuah pertemuan rahasia diadakan di Jakarta untuk membentuk suatu panitia khusus yang diketuai oleh B.M. Diah.

Pertemuan seperti itu diadakan lagi pada tanggal 15 Juni 1945 dan menghasilkan pembentukan Gerakan Angkatan Baroe Indonesia, dan dalam praktiknya, kegiatan organisasi tersebut banyak dikendalikan oleh para pemuda dari Asrama Menteng 31. Dan organisasi menunjukkan sifat gerakan yang lebih radikal seperti tujuannya.

 

Sumber :

https://belinda-carlisle.com/huawei-tegaskan-akan-ekspansi-ke-pasar-amerika-serikat/