Pendidikan

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN

Pengambilan keputusan secara universal didefinisikan sebagai pemilihan diantara berbagai alternative. Pengertian ini mencakup baik pembuatan pilihan maupun pemecahan masalah.

Menurut Herbert A. Simon, proses pengambilan keputusan pada hakekatnya terdiri atas tiga langkah utama, yaitu :

  1. Kegiatan intelijen

Menyangkut pencarian berbagai kondisi lingkungan yang diperlukan bagi keputusan.

  1. Kegiatan desain

Tahap ini menyangkut pengembangan dan penganalisaan berbagai rangkaian kegiatan yang mungkin dilakukan.

  1. Kegiatan pemilihan

Pemilihan serangkaian kegiatan tertentu dari alternatif yang tersedia.

Dalam melakukan suatu pengambilan keputusan, terdapat berbagai model-model perilaku pengambilan keputusan, yaitu sebagai berikut :

  1. Model ekonomi

Dikemukakan oleh ahli ekonomi klasik dimana keputusan orang itu rasional, yaitu berusaha mendapatkan keuntungan marginal sama dengan biaya marginal atau untuk memperoleh keuntungan maksimum.

  1. Model manusia administrasi

Dikemukakan oleh Herbert A. Simon dimana lebih berprinsip orang tidak menginginkan maksimalisasi tetapi cukup keuntungan yang memuaskan.

  1. Model manusia mobicentrik

Dikemukakan oleh Jenningns dimana perubahan merupakan nilai utama sehingga orang selalu bergerak bebas mengamnil keputusan.

  1. Model manusia organisasi

Dikemukakan oleh Wright Mills menekankan pada sifat kompetitif.

  1. Model pengusaha baru

Dikemukakan oleh Freud Veblen dimana menurutnya orang sering tidak rasional dalam mengamnil keputusan diliputi perasaan emosi dan situasi di bawah sadar.

Tipe pengambilan keptusan adalah tindakan manajemen dalam pemilihan alternatif untuk mencapai sasaran. Keputusan dibagi menjadi 3 tipe, yaitu sebagai berikut :

Sumber :

https://sorastudio.id/belum-dirilis-galaxy-note8-kabarnya-terpampang-di-situs-resmi-samsung/