PRINSIP – PRINSIP DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Pendidikan

PRINSIP – PRINSIP DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL

PRINSIP – PRINSIP DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL

PRINSIP – PRINSIP DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL

prinsip – prinsip komunikasi interpersonal adalah sebagai berikut:

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL MERUPAKAN PROSES TRANSAKSIONAL

Komunikasi interpersonal adalah sebuah proses dimana berlangsungnya interaksi akan saling berkelanjutan dimana elemen masing – masing akan saling ketergantugan dalam mencapai keefektifan dalam berkomunikasi. Oleh karenanya, dinyatakan bahwa, komunikasi ini merupakan sebuah proses transaksional adalah suatu jawaban dari rumitnya hal tersebut.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL MEMILIKI TUJUAN

Dalam menyampaikan sebuah pesan atau informasi, pastinya komunikator tersebut memiliki suatu tujuan tertentu tujuan tersebut dirangkum menjadi 5 poin penting.

a. Belajar – berkomunikasi akan membuat kita memahami sisi orang lain dan dunia dengan baik.

b. Membina hubungan – komunikasi secara interpersonal membantu kita dalam menyelesaikan serta merawat hubungan dengan baik.

c. Memengaruhi – melalui komunikasi secara interpersonal juga terjadi adanya proses saling memengaruhi sikap serta perilaku terhadap orang lain.

d. Bermain – komunikasi interpersonal dapat digunakan sebagai kegiatan dalam bermain.

e. Membantu – melalui komunikasi secara interpersonal seorang terapis bisa melakukan teknik penyembuhan jiwa yang dikenal dengan komunikasi terapeutik.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL ADALAH AMBIGU

Dinyatakan ambigu, karena perspektif orang dalam mencerna sebuah pesan atau informasi tersebut bisa berbeda – beda. Sehingga kata ambigu disini mempunyai tujuan dengan makna ganda dari sebuah pesan.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAPAT BERBENTUK SIMETRIS ATAU KOMPLEMENTER

Dalam hal ini bentuk dari komunikasi interpersonal sendiri dapat berupa keadaan yang mampu merangsang pola pikir yang sama maupun berbeda. Daripada itu, bentuk seperti ini seringkali memunculkan tanda sebagai bentuk dari pesan yang akan disampaikan. Sehingga informasi yang diberikan pada nantinya tidak mendapatkan persepsi yang berbeda.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL BERSIFAT IRREVERSIBLE

Yang dimaksud irreversible disini adalah, komunikasi ini merupakan suatu bentuk komunikasi yang tidak dapat dihindari, diulang, serta tidak dapat diubah. Oleh karenanya, ketika berinteraksi sebisa mungkin kita mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan oleh komunikan. Sehingga tercapainya bentuk komunikasi yang efektif.


Baca Juga :