Perilaku konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen

Perilaku konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen

Perilaku konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen

Pengertian perilaku konsumen

Definisi perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanu (2000), adalah suatu proses yang dilalui seseorang dalam mencari, membeli, dan menggunakan barang atau jasa yang diharapkan bisa memenuhi segala kebutuhannya. Maka dapat dikatakan bahwa perilaku konsumen merupakan studi tentang bagaimana membuat keputusan baik secara individu maupun di dalam organisasi. Perilaku konsumen adalah aktivitas dan proses seseorang yang berhubungan dengan pencarian, pembelian, pemilihan, penggunaan produk dan jasa guna untuk memenuhi tingkat kebutuhan akan sebuah barang/produk tersebut. Perilaku konsumen merupakan hal yang mendasari seorang konsumen untuk membuat sebuah keputusan untuk melakukan pembelian suatu produk. Semakin tinggi tingkat kepuasan yang mampu diberikan sebuah barang kepada konsumen, maka semakin tinggi pula tingkat permintaan konsumen terhadap barang tersebut, dan begitu juga sebaliknya. Sehingga ilmu perilaku konsumen sangat dibutuhkan guna untuk mengidentifikasi setiap kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut, sehingga pemasar mampu mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat untuk setiap karakteristik konsumen yang menjadi target pasar.

 

Teori perilaku konsumen dibedakan dalam dua macam pendekatan, yaitu :

  • Pendekatan Nilai Guna (Utiliti) Kardinal >> Kepuasan dan kenikmatan konsumen dari mengkonsumsi barang dapat dinyatakan secara kuantitatif, sehingga konsumen berusaha untuk memaksimumkan kepuasannya.
  • Pendekatan Nilai Guna (Utiliti) Ordinal >> Kepuasan yang diperoleh konsumen dari kegiatan mengkonsumsi barang tidak dapat dinyatakan secara kuantitatif, sehingga perilaku konsumen dalam memilih barang yang akan memaksimumkan kepuasannya dapat ditunjukkan dalam kurva kepuasan sama (Indefferent Curve)

Perilaku konsumen adalah suatu proses yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu :

  1. Tahap perolehan (acquisition) : konsumen mencari (searching) melalui informasi yang tersedia dan membeli (purchasing) barang atau jasa yang sudah konsumen putuskan setelah mengetahui dari informasi sebelumnya.
  2. Tahap konsumsi (consumtion) : menggunakan (using) barang atau jasa yang sudah didapatkan sebaik mungkin dan mengevaluasikan (evaluating) barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen atau organisasi tersebut.
  3. Tahap tindakan pasca-beli (disposition) : melakukan keputusan untuk bertindak segera melakukan pemakaian terhadap barang atau jasa yang sudah dibelinya atau segera untuk mengkonsumsinya secepat mungkin.

Unit-unit pengambil keputusan beli (decision units) menurut Kotler (1991) terdiri dari:

  • Konsumen individu yang membentuk pasar konsumen (consumer market).
  • Konsumen organisasional yang membentuk pasar bisnis (business market).

Empat konsep dasar perilaku konsumen

    1. Kepuasan Total (Total Utility)

Kepuasan total adalah kepuasan yang dinikmati konsumen dalam mengkonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan.

Kepuasan Marjinal (Marginal Utility)

Kepuasan marjinal adalah pertambahan kepuasan yang dinikmati dari setiap tambahan unit barang atau jasa yang dikonsumsi.

Kepuasan Total dan Marjinal yang semakin menurun

Konsumen berusaha menikmati barang yang dimiliki sepuas-puasnya. Setelah kepuasan mengkonsumsi barang berlangsung terus – menerus, sampai titik tertentu akhirnya kepuasan itu akan sampai pada tingkat kejenuhan tertentu. Setelah mencapai tingkat tertentu, kepuasan tersebut akan menurun. Pada saat kepuasan total menurun, maka kepuasan marjinalnya bernilai negatif.

Kepuasan yang SamaSelain konsumen mencari kepuasan akan suatu barang tertentu, konsumen juga mencari kepuasan akan barang dan kebutuhan lainnya. Dapat di pahami karena memang kebutuhan manusia yang begitu beragam. Hanya saja manusia memiliki pendapat terbatas sehingga hanya mampu mengkonsumsi barang dan jasa yang terbatas pula.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11142-rumus-volume-tabung