Penggunaan Kata Dalam Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Sepak Terjang Bahasa Indonesia di Luar Negeri

Penggunaan Kata Dalam Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Sepak Terjang Bahasa Indonesia di Luar Negeri
Sepak Terjang Bahasa Indonesia di Luar Negeri

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa kesatuan dan persatuan. Bahasa Indonesia termasuk dalam beberapa bahasa tersulit di dunia.

Setiap hari pastinya kita menggunakan Bahasa Indonesia, sebagai bahasa sehari-hari kita. Baik untuk berbicara, menulis, dan kegiatan sehari-hari lainnya. Tapi sekarang ini telah banyak perubahan yang ada. Baik dari segi pengaruh luar yaitu perkembangan global dan juga dari masyarakat Indonesia sendiri.

Sekarang ini dari bidang pendidikan, anak-anak TK (Taman Kanak-Kanak) sudah diajarkan menggunakan bahasa luar negeri seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang dan masih banyak yang lainnya. Belum lagi setelah tingkat SD, SMP, SMA dan seterusnya, makin banyak bahasa-bahasa asing yang dipelajari.

Ini dianggap sebagai kebutuhan modal,  juga sebagai tolak ukur kemajuan individu-individu di masa depan. Tapi ini mempunyai pengaruh secara langsung dantak langsung, yaitu bahasa asing menjadi bahasa sehari-hari agar terbiasa dan juga sebagai alat latih untuk memperlancar pengucapan, pendengaran dan penulisan.

Tak bisa kita pungkiri pentingnya mempelajari bahasa asing, tapi alangkah jauh lebih baik bila kita tetap menjaga, melestarikan dan membudayakan Bahasa Indonesia.

Fakta-fakta berikut adalah fakta menarik tentang Bahasa Indonesia yang seharusya membuat kita bangga menjadi orang Indonesia dan menggunakan Bahasa Indonesia :

  • Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa kedua bagi penduduk Ho Chi Minh City yang merupakan ibu kota Vietnam. Di Australia, Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa populer keempat.
  • Bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya, buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa 3 yang paling banyak digunakan dalam posting postingan di wordpress.
  • Bahasa Indonesia di dunia menduduki peringkat 3 dalam Bahasa tersulit di Asia dan peringkat ke 26 di dunia. Berikut beberapa nama bahasa dalam peringkat bahasa dunia :

 

  1. Bahasa Ibrani (bahasa kaum Yahudi)
  2. Bahasa Yunani
  3. Bahasa Latin
  4. Bahasa Jepang
  5. Bahasa Korea
  • Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi pada rapat pleno Kongres IX Bahasa Indonesia. Saat ini ada 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar sudah ada yang bisa berbahasa Indonesia.
  • Bahasa Indonesia juga di gunakan dalam produk-produk perusahaan luar negeri, baik dalam kemasannya, prosedur penggunaannya, maupun keterangan produk yang dihasilkan.

 

Dari contoh-contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa keberadaan Bahasa Indonesia diakui oleh masyarakat Internasional khususnya para pengusaha asing.

Jadi kita harus bangga memakai Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Walaupunditerpa oleh kemunculan bahasa-bahasa asing dan bahasa pergaulan yang bisa dikatakan telah sangat menyimpang dari kaidah bahasa Indonesia.

Perlu diingat hanya bahasa Indonesialah yang mampu mendekatkan sekaligus menyatukan berbagai etnis di Indonesia, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan lancar dalam kehidupan sehari-hari.

Internasionalisasi bahasa Indonesia tidak hanya bergantung pada klaimbahwa bahasa Indonesia itu mudah dipelajari, bahasa yang demokratis, dan lain-lain yang inheren dengan ciri-ciri bahasa Indonesia, tetapi bergantung pada klaim berapa banyak Indonesia berpengaruh terhadap dunia dan berapa banyak penutur bahasa Indonesia di dunia, tidak hanya penutur di dalam Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.