Umum

Pengertian Senam Irama

Pengertian Senam Irama

Senam Irama atau disebut dengan senam modern ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik. Latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Adapun alat yang sering digunakan adalah gada, tongkat, simpai, tali, pita, selendang, dan lain sebagainya.

Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan menyatukan rasa seni rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak. Pada prinsipnya senam irama dengan senam biasa tidak ada bedanya, hanya saja pada senam irama ditambahkan musik atau ritme. Tekanan yang harus diberikan pada senam irama adalah; irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan.

2)    Jenis Gerakan Senam Irama

  1. a)Maat dan Irama

Perbedaan antara maat dan irama yaitu maat merupakan pengulangan bagian-bagian yang sama sedangkan irama merupakan pengulangan yang menyerupai maat yang dikenal antara lain 2/3 contoh lagu Potong Bebek Angsa, maat ¾ contoh lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung, maat 4/4 contoh lagu Si Patokaan.

  1. b)Kelentukan Tubuh

Kelentukan tubuh merupakan kemampuan seseorang dalam menggerakkan sendi-sendi maupun otot-otot pada sudut tertentu yang dinamis, fleksibel dan elastis seperti mudahnya melipat tubuh maupun anggota badan dalam meliuk, membungkuk yang akan diperoleh dalam waktu yang lama dengan latihan aktif.

  1. c)Kontinuitas Gerakan

Kontinuitas berupa rangkaian gerak yang tidak terputus. Rangkaian gerak ini diperoleh dari gerakan tersusun yang siap ditampilkan, menurut perkembangannya senam irama dibagi menjadi rangkaian gerak ayunan lengan dan rangkaian gerak langkah.

3)    Pola-pola Langkah Senam Irama

Langkah-langkah dalam senam irama yaitu:

  1. Langkah biasa (looppas)

–          Sikap awal : berdiri, kaki rapat, dan kedua tangan lepas ke samping.

–          Hitungan Satu : kaki kiri melangkah, tumit diletakkan lebih dahulu di depan ujung kaki kanan.

–          Hitungan dua : ganti langkah kaki kanan.

–          Lutut harus mengeper dalam setiap langkah.

  1. Langkah rapat (by trekpas)

–          Sikap awal : berdiri tegak, kaki kiri sedikit ke depan.

–          Hitungan Satu : langkahkan kaki kiri ke depan.

–          Hitungan dua : kaki kanan ke depan diletakkan sejajar dengan kaki kiri, lutut mengeper, kemudian disusul kaki kanan di depan, dengan gerakan yang sama.

  1. Langkah depan (galoppas)

Sebelum melakukan latihan langkah depan, kita harus menguasai teknik langkah rapat. Cara melakukan langkah depan (galopas) yaitu:

–          Hitungan Satu : langkahkan kaki kanan.

–          Hitungan dua : kaki kiri menyusul dan kedua kaki melangkah bersamaan, kemudian dilakukan seperti awal, yaitu dengan kaki kiri melangkah lagi.

  1. Langkah ganti (wisselpas)

–          Sikap awal : berdiri tegak

–          Hitungan Satu : langkahkan kaki kanan ke depan.

–          Hitungan dua : putar kaki kiri ke samping dengan tumpuan tumit, diikuti langkah kaki kanan.

  1. Langkah Keseimbangan (balanspas)

–          Sikap awal : berdiri tegak, kaki kiri sedikit di depan

–          Hitungan Satu : kaki kiri melangkah ke depan

–          Hitungan dua : kaki kanan menyusul dan sebelum kaki kanan menapak kaki kiri mundur diikuti kaki kanan.

–          Setelah itu kaki kanan yang melangkah lebih dahulu diikuti kaki kiri.

Baca juga: