Pendidikan

Pengertian Psikologi Pendidikan

https://www.r9racinggeneration.co.id/earth-and-legend-apk/Pengertian Psikologi Pendidikan

[1]Psikologi berasal dari kata yunani “psyche” yang artinya jiwa. Logos berarti ilmu pengetahuan.Jadi secara etomologi psikologi berarti “ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai gejalanya, prosesnya maupun latar belakan nya”. Namun pengertian antara ilmu jiwa dan psikologi sebenernya berbeda atau tidak sama ( menurut Gerungan dalam Khodijah: 2006 ) karena:

  1. Ilmu jiwa adalah ilmu jiwa secara luas termasuk khayalan dan spekulasi tentang jiwa itu.
  2. Ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang di peroleh secara sistematis dengan metode-metode ilmiah

Psikologi adalah ilmu mempelajari gejala kejiwaan yang di tampakkan ataupun hewan yang pemanfaatannya untuk kepentingan manusia ataupun aktivitas-aktivitas individu baik yang disadari maupun yang tidak d sadari yang diperoleh melalui salah satu proses atau langkah-langkah ilmiah tertentu serta mempelajari penerapan dasar-dasar atau prinsip-prinsip, metode, teknik, dan pendekatan psikologis untuk memahami dan memecahkan masalah-masalah dalam pendidikan. Kondisi psikologis adalah kondisi karakteristik psikofistik manusia sebagai individu, yang di nyatakan dalam berbagai bentuk perilaku dalam interaksi dengan lingkungan.Perilaku merupakan manifestasi dan ciri-ciri kehidupan baik yang nampak maupun yang tidak Nampak perilaku kognitif, afektif,psikomotor.

Upaya mengenal berbagai unsur dan aspek kejiwaan yang mempengaruhi gerak-gerik dan tingkah laku anak didik, terutama pada saat proses pendidikan sedang berlangsung, biasanya dibahas secara berlangsung, biasanya dibahas secara khusus dan panjang lebar dalam salah satu cabang psikolog yang disebut “psikologi pendidikan” atau” ilmu jiwa pendidikan”.

Dengan demikian psikologi pendidikan bisa disebut sebagai “salah satu cabang psikologi yang membahas tentang berbagai tingkah laku atau gejala kejiwaan anak didik yang berlangsung dalam proses pendidikan”. Atau dengan istilah lain bisa di katakan bahwa proses pendidikan adalah “studi kejiwaan yang sistematis tentang berbagai faktor yang berhubungan dengan gerak gerik dan tingkah laku anak didik yang berlangsung dalam proses pendidikan”.


  1. SEJARAH PERKEMBANGAN LANDASAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN

Psikologis merupakan salah satu ilmu yang sudah lama berkembang. Ilmu ini di yakini sudah ada  sejak zaman yunani kuno, meskipun di sadari bahwa pada zaman ini psikologis merupakan domain dari filsafat. Ini terjadi karena memang sebagai suatu ilmu, psikologi pada waktu itu masih spekulatif. Bukti bahwa psikologi merupakan ilmu yang ada sejak zaman yunani kuno adalah muncul nya spekulatif plato ( 427-347 SM ) yang menyatakan bahwa perbedaan- perbedaan individual sesungguhnya punya dasar genetik. Berbicara tentang perbedaan individual dan dasar genetik berarti berbicara tentang psikologi sebab salah satu kajian dalam psikologi adalah perbedaan individual dan factor genetik

 

sumbe r:

Earth And Legend 2.1.5 Apk + Mod (Money/Premium)