Pendidikan

 Pengertian Persekutuan

 Pengertian Persekutuan

Persekutuan (Partnership) adalah suatu penggabungan diantara dua orang (badan) atau lebih untuk memiliki bersama-sama dan menjalankan suatu perusahaan guna mendapatkan keuntungan atau laba.

Pengertian persekutuan (Patnership) menurut Para Ahli Yaitu : Menurut Suparwoto (1997, hal 1) persekutuan dapat didefinisikan sebagai suatu gabungan atau asosiasi dari dua individu atau lebih untuk memiliki dan menyelenggarakan suatu usaha secara bersama dengan tujuan untuk memperoleh laba. Persekutuan dapat didirikan oleh baik oleh dua orang atau lebih yang semuanya mempunyai usaha atau pun belum memiliki usaha. Firma merupakan salah satu bentuk dari persekutuan dan pendiri-pendirinya merupakan pemilik dari firma tersebut yang disebut dengan anggota-anggota atau sekutu-sekutu firma.

Tujuaan pendirian persekutuan biasanya adalah untuk memperluas usaha dan menambah modal agar lebih dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain serta meningkatkan laba.

2.2. Karakteristik Persekutuan  

  Karakteristik Persekutuan adalah merupakan sifat utama atau ciri khas persekutuan yang meliputi:

  1. Mutual AgencyPerwakilan bersama  :   Masing-masing sekutu menjadi agen/wakil dari persekutuan untuk tujuan usaha
  2. Limited LifeUmur terbatas  : persekutuan berlangsung selama individu-individu  yang mengadakan persekutuan masih ada dan menghendaki
  3. Unlimited LiabilityTanggung jawab tak terbatas  : tanggung jawab anggota tidak terbatas  pada jumlah investasi dalam persekutuan
  4. Ownership of an Interset in a Partnership
     Kekayaan yang telah disetor ke dalam persekutuan sudah bukan lagi milik sekutu   

    penyetor, melainkan milik semua sekutu.
5. Participation on Partnership Profit
    Masing-masing sekutu mempunyai hak di dalam pembagian laba atau rugi persekutuan.
6. Right to Dispose of a Partnership Interest
    Masing-masing sekutu mempunyai hak untuk menjual atau memindahkan haknya atas modal dan hak atas laba kepada orang lain, baik kepada anggota sekutu maupun bukan.
7. Mutual Liabiliy
    Semua sekutu bertanggung jawab terhadap utang persekutuan. Jadi utang persekutuan adalah juga utang seluruh sekutu.    

sumber :
https://academicwriting2017.com/2020/06/11/seva-mobil-bekas/