Pengertian Pasar
Umum

Pengertian Pasar

Pengertian PasarPengertian Pasar

Pasar merupakan suatu tempat bertemunya antara penjual dengan pembeli untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang atau jasa. Para konsumen akan datang ke pasar untuk melakukan kegiatan berbelanja dengan membawa uang untuk membayar benda yang dibeli sesuai dengan harganya. Pengertian pasar yang saat ini sedang kita bahas lebih mengarah ke arti ekonomi yaitu untuk melakukan kegiatan transaksi dan jual beli. Dalam ilmu ekonomi, pasar berarti sebagai besarnya suatu permintaan dan penawaran pada barang tertentu atau jasa tertentu. Pengertian pasar ialah permintaan serta penawaran secara keseluruhan untuk jasa tertentu dan barang tertentu.

Dengan demikian maka berprinsip, aktivitas perekonomian yang terjadi pada pasar berdasarkan karena adanya kebebasan dalam melakukan persaigan, baik ditujukan untuk pembeli ataupun penjual. Penjual memiliki kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang menurutnya cocok untuk diproduksi serta yang cocok untuk di distribusikan. Sedangkan bagi konsumen atau pembeli memiliki kebebasan untuk membeli dan memilih barang atau jasa yang dia butuhkan dan sesuai dengan tingkat daya belinya.

Dalam sehari-hari, pasar sangat lah penting keberadaanya bagi kehidupan masyarakat. Hal ini karena pasar mampu memberikan kebutuhan yang tidak mampu untuk dihasilkan sendiri. Para konsumen atau pembeli akan datang ke pasar untuk melakukan kegiatan berbelanja dan memenuhi kebutuhan dengan membawa sejumlah uang untuk membayar harga benda tersebut.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli
William J.Stanton
Menurut pendapat William J.Stanton pengertian pasar merupakan sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk merasa puas, uang digunakan untuk berbelanja kebutuhan, dan memiliki keinginan untuk membelanjakan uang tersebut.
Kotler dan Amstrong
Menurut pendapat Kotler dan Amstrong pengertian pasar merupakan suatu perangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu jenis produk atau jasa. Ukuran pasar itu sendiri dapat kita lihat dengan jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, dan kemampuan dalam bertransaksi. Banyaknya pemasar yang memiliki pandangan bahwa pembeli dan penjual sebagai sebuah pasar, dimana penjual tersebut mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan berguna untuk menyampaikan atau mengkomunikasi kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan memperoleh uang dan juga informasi dari pasar tersebut.
Wikipedia
Pasar merupakan institusi, hubungan sosial, sistem, infrastruktur, serta prosedur di mana disitu terdapat usaha untuk melakukan kegiatan menjual barang, tenaga kerja dan jasa bagi sekumpulan orang dengan imbalan atau bayaran uang.
KBBI
Menurut KBBI atau kamus besar bahasa indonesia, pengertian pasar merupakan suatu tempat untuk ajang berkumpulnya orang untuk melakukan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk melakukan jual beli yang diadakan oleh suatu perkumpulan atau organisasi dan lainya dengan maksud untuk mencari derma.
Handri Ma’aruf
Kata “pasar” memiliki 3 pengertian, antara lain : 1) Pasar dalam arti “tempat”, merupakan suatu tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli. 2) Pasar dalam arti “penawaran serta permintaan”, pasar sebagai suatu tempat untuk terjadinya suatu kegiatan transaksi jual beli. 3) Pasar dalam arti “sekumpulan anggota masyarakat yang memiliki kebutuhan dan juga daya beli “, lebih mengarah pada 2 hal, yaitu kebutuhan dan daya beli. Pasar merupakan sekumpulan orang yang mau berusaha agar

Ciri-ciri Pasar
Ciri-ciri Pasar
Adanya calon penjual dan pembeli.
Tersedianya jasa maupun barang yang hendak untuk diperdagangkan.
Terdapat proses penawaran serta permintaan antara kedua pihak.
Adanya interaksi antara penjual dan pembeli baik secara langsung atau tidak langsung.

Klasifikasi Pasar
Klasifikasi Pasar
Pasar Tradisional
Pasar tradisional merupakan suatu pasar dimana tempat itu merupakan tempat bertemunya antara para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli secara langsung serta pada umumnya akan terjadi proses tawar-menawar harga barang. Bangunan pasar tradisional biasanya berupa gerai, kios-kios atau los, serta dasaran terbuka yang dibuka para penjual maupun dari pengelola pasar itu sendiri. Pasar tradisional kebanyakan menjual macam-macam barang kebutuhan yang diperlukan bagi sehari-hari, jasa, dan lain sebagainya. Pasar tradisional masih lumyan banyak jumlahnya dan dapat ditemukan di daerah-daerah di Indonesia. Beberapa pasar tradisional yang terkenal di indonesia adalah pasar Beringharjo di Yogyakarta, pasar Klewer di Solo, dan masih banyak lagi di daerah-daerah yang lain. Pasar tradisional itu masih mencoba untuk bertahan menghadapi serangan dari pasar modern.
Pasar Modern
Pada dasarnya, pasar modern tidak beda jauh dengan pasar tradisional, tapi pasar modern terdapat pembeli dan penjual yang tidak melakukan transaksi secara langsung, melainkan pembeli atau konsumen melihat label harga yang tertera pada barang tersebut, berada pada bangunan serta pelayanan yang dilakukan secara mandiri atau swalayan dan bisa juga untuk dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual tersebut, selain bahan makanan, juga terdapat barang dan biasanya barang tersebut dapat bertahan lama. Contoh : pasar swalayan (supermarket), minimarket dan lain sebagainya.

 

POS-POS TERBARU