PENGERTIAN KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI
Pendidikan

PENGERTIAN KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI

Komunikasi adalah tatanan bahasa Indonesia yang awalnya berasal dari kata Communicare/communis yang memiliki arti milik bersama atau sama. Kedua jenis bahasa kata tersebut adalah kata yang berasal dari bahasa Latin.

Jika Anda melakukan proses komunikasi terhadap lawan bicara, tidak dapat dihindari bahwa Anda harus berusaha sekeras mungkin supaya yang disampaikan bisa diterima oleh lawan bicara Anda . Hal inilah yang digunakan sebagai dasar kenapa proses komunikasi penting untuk dilakukan. Menurut pendapat beberapa ahli, berikut beberapa pengertian dasar dari komunikasi:

1. RAYMOND ROSS

Beliau mengatakan bahwa komunikasi merupakan kegiatan mengirim simbol, memilih, serta juga menyortir simbol tersebut dalam beragam bentuk yang nantinya diharapkan dapat membantu para pendengarnya supaya bisa menanggapi apa yang dimaksud oleh komunikator terkait.

2. COLIN CHERRY

Colin berpendapat bahwa komunikasi adalah sebuah proses yang mana berbagai pihak yang terkait saling memberikan beragam informasi yang bertujuan supaya tujuan bersama , dan apapun yang berkaitan dengan hubungan tersebut dapat tercapai dengan baik, serta sesuai harapan.

3. KAFRIED KNAPP

Knapp berpendapat bahwa komunikasi disebut sebagai alat interaksi setiap pribadi dengan menggunakan bantuan simbol linguistik. Misalnya , simbol verbal yang dihubungkan dengan perkataan setiap individu , serta juga simbol non verbal. Simbol tersebut dpat langsung diaplikasikan melalui tatap muka secara langsung ataupun dengan menggunakan berbagai simbol tertentu.


Baca Juga :