Pengertian Ilmu Anatomi

Ilmu Anatomi

Pengertian Ilmu Anatomi

Ilmu Anatomi
Ilmu Anatomi
Definisi Anatomi.  anatomi berasal dari bahasa yunani yang berarti memotong, ilmu anatomi merupakan cabang ilmu pengetahuan mengenai struktur tubuh pada manusia hewan dan makhluk lainnya. pemehaman tentang ilmu anatomi secara keseluruhan merupakan sesuatu yang sulit bahkan para ahli sekalipun yang mengkhususkan diri mempelajari sebuah bidang anatomi juga mengalami kesulitan untuk memahami semuanya.

Pengertian dan definisi ilmu Anatomi

Tubuh manusia tersusun oleh serangkaian sistem yang komplek, dimulai dari sel, jaringan, organ dan gabungan dari beberapa organ sehingga menjadi sebuah sistem organ yang mempunyai fungsi dan peran tersendiri dalam tubuh manusia. peran dan fungsi dari organ tubuh saling berhubungan dengan beberapa organ tubuh lainnya.

Dalam dunia medis anatomi tubuh manusia

Merupakan sebuah pelajaran wajib, semua dokter, perawat dan para medik diajarkan untuk mengetahui bentuk, letak dan fungsi-fungsi semua organ tubuh, hal ini bertujuan agar memudahkan mereka memahami gejala dan kelainan-kelainan yang terjadi pada seseorang sehingga mereka diharapkan bisa membuat diagnosa yang tepat terhadapat suatu penyakit maupun gangguan fungsi dan kelainan tubuh lainnya
ilmu anatomi sering di sanding kan dengan ilmu fisiologi,dalam mempelajari cabang ilmu anatomi maka kita juga harus paham tentang fisiologi. karena itu sering disebut dengan anatomi fisiologi.

Hubungan antara anatomi dan fisiologi

Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi – fungsi organ tubuh secara keseluruhan. termasuk organ maupun sel-sel terkecil sekalipun dan hubungannya dengan organ lain sedangkan anatomi lebih membahas tentang letak dan bentuk dari organ tersebut.karena itu ini merupakan pasangan cabang ilmu yang tak dapat dipisahkan. sebagai contoh anda melihat artikel ini anatomi fisiologi sistem imunitas tubuh.Terima kasih telah membaca tentang Definisi anatomi, pengertian ilmu anatomi