Pengertian Berpikir Kreatif
Pendidikan

Pengertian Berpikir Kreatif

Pengertian Berpikir Kreatif

Pengertian Berpikir Kreatif

Pembahasan pengertian berpikir kreatif tidak akan lepas dari topik kreativitas. Pada permulaan penelitian tentang la°eativitas, istilah ini biasanya dikaitkan dengan sikap seseorang yang dianggap sebagai kreatif.

Menurut Munandar (1999:48) menyatakan bahwa:

“Kreativitas (berpikir kreatif atau berpikir divergen) adalah kemampuan berdasarkan data atau informasi yang tersedia menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah, dimana penekanannya adalah pada kuantitas,ketepatgunaan dan keragaman jawaban”.
Makin banyak kemungkinan jawaban yang dapat diberikan terhadap suatu masalah makin kreatiflah seseorang. Tentu saja jawaban jawaban itu harus sesuai dengan masalaljnya. Jadi, tidak semata-mata banyaknya jawaban yang dapat diberikan yang menentukan kreativitas seseorang, tetapi juga kualitas atau mutu dari jawabannya.
Yudha (http: l/groups. yahoo com/ .oup/fahutanunmuUmess eag /1532) menyatakan:
“Dalam proses mengatasi suatu masalah, kita sering berpikir dengan cara berbeda-beda. Para psikolog dan ahli logika mengenal beberapa cara berpikir. Namun, tidak semua efektif bagi proses pemeeahan masalah. Berpikir kreatif merupakan salah satu cara yang dianjurkan. Dengan cara. itu seseorang akan mampu melihat persoalan dari banyak perspektif.. Pasalnya, seorang pemikir kreatif akan menghasilkan lebih banyak alternatif untuk memeeahkan suatu masalah”.
Kreativitas seringkali dianggap sebagai suatu kesatuan keterampilan yang di dasarkan pada bakat alam, dimana hanya mereka yang berbakat saja yang bisa menjadi kreatif, anggapan ini tidak sepenulmya benar, walaupun memang dalam kenyataanya terlihat bahwa orang-orang tertentu memiliki kemampuan untuk menciptakan ide-ide baru dengan cepat dan beragam.
Menurut Munandar (1999:48) menyatakan bahwa “Sesungguhnya bakat kreatif dimiliki semua orarrg tanpa pandang bulu dan yang lebih penting lagi ditinjau dari segi pendidikan bahwa bakat kreatif dapat ditingkatkan”.
Menurut Ratna (www.pppgkes.com.modules.Qhp?name–news&file= artide &id=508-88k-mita) yang menyatakan bahwa:
“Sesungguhnya kemampuan berpikir kreati€pada dasamya dimiliki semua orang. Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk meneiptakan gagasan­gagasan baru dan orisinal. Bahkan pada orang yang rnerasa tidak mampu menciptakan ide baru pun sebenarnya bisa berpikir secara kreatif, asalkan di latih secara terus-menerus”.
Berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan dengan menemukan sebanyak-banyaknya jawaban atau metode penyelesaian yang mencerminkan adanya kedalaman pemahaman, keluwesan (fleksibel), kelancaran, dan kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan ser-ta kemampuan untuk membuat kesimpulan dengan baik dan didukung oleh penalaran yang jelas.

Baca Juga :