Pendaftaran SBMPTN Dimulai Kamis 5 April 2018

Pendaftaran SBMPTN Dimulai Hari Ini

Pendaftaran SBMPTN Dimulai Kamis 5 April 2018

Pendaftaran SBMPTN Dimulai Kamis 5 April 2018

JAKARTA, DISDIK JABAR

Hari ini, Kamis 5 April 2018,  pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 dimulai. Pendaftaran dapat dilakukan mulai 5 April 2018 pukul 08.00 WIB hingga 27 April 2018 pukul 22.00 WIB melalui daring.

PTN melalui Ujian Tulis Berbasis Cetak

“Mulai pagi ini, siswa yang ingin mengikuti seleksi masuk PTN melalui Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bisa melakukan pendaftaran melalui laman SBMPTN,\” ujar Ketua Umum Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN 2018, Prof Ravik Karsidi, di Jakarta.

Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

SBMPTN 2018

SBMPTN 2018 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Untuk pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara daring dan bisa dilihat melalui laman pendaftaran.sbmptn Sementara, tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh dari laman download.sbmptn yang dimulai tanggal 29 Maret 2018.

Untuk ujian tulis baik UTBC dan UTBK diselenggarakan pada 8 Mei 2018

Sementara ujian keterampilan diselenggarakan pada 9 dan atau 11 Mei 2018. Hasil ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB melalui laman.

Kelompok ujian tulis SBMPTN dibagi tiga yakni kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sains (TKD) Saintek. Kemudian, kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. Selanjutnya kelompok ujian campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Informasi SBMPTN ini meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi.

 

Artikel Terkait: