Pendidikan

METODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN

METODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Muhibbin syah mengemukakan bahwa metode dapat dipahami sebagai cara atau jala yang ditempuh seseorang dalam melakukan sebuah kegiatan. Dalam psikologi pendidikan, metode-metode tertentu dipakai untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi penting yang bersifat psikologis dan berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran.

  1. Metode eksperimen

Metode eksperimen merupakan serangkaian percobaan yang dilakukan oleh eksperimenter didalam sebuah labratrium atau ruangan tertentu lainnya.Teknis pelaksanaannya disesuaikan dengan data yang diangkat, misalnya data pendengaran siswa, penglihatan siswa, dan gerak mata siswa ketika sedang membaca.Selain itu, eksperiment dapat pula digunakan untuk mengukur kecepatan bereaksi seorang siswa terhadap stimulus tertentu.

Metode eksperiment yang digunakan dalam penelitian psikologi pendidikan dengan tujuan untuk menguji keabsahan dan kecermatan simpulan-simpulan yang di tarik dari hasil temuan penelitian dengan metode lain.

Dalam penelitian eksperimental obyek yang akan diteliti dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok percobaan dan kelompok pembanding. Kelompok percobaan terdiri atas sejumlah orang tingkah lakunya di teliti dengan perlakuan khusus dalam arti sesuai dengan data yang akan di humpun. Kelompok pembanding juga terdiri atas obyek yang jumlah karakteristiknya sama dengan kelompok percobaan, tetapi tingkah lakunya tidak di teliti. Setelah eksperiment usai, dat dari kelompok percobaan, dibandingkan dengan kelompok pembanding, lalu dianalisis, di tafsirkan, dan di simpulkan dengan teknik statistic tertent

  1. Metode kuesioner

Metode kuesioner di sebut juga “mail servey” karena pelaksanaan penyebaran dan pengimbalannya sering di kirim ke dan dari responden melalui jasa pos. namun, sebelum kuesioner di sebarkan atau di kirim kepada responden yang sesungguhnya seorang peneliti psikologi pendidikan biasanya melakukan uji coba. Caranya, sejumlah kuesioner di bagi-bagikan kepada sejumlah orang tertentu yang memiliki karakteristik sama dengan calon responden yang sesungguhnya. Tujuannya untuk memastikan pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioneritu cukup jelas dan relevan untuk dijawab, dan untuk memperoleh masukan yang mungkin bermanfaat bagi penyempurnaan kuesioner tersebut.

  1. Metode studi khusus

Studi khusus ialah sebuah metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh gambaran yang rinci mengenai asepk-aspek psikologi seorang siswa atau sekelompok siswa tertentu.Metode ini selain di pakai oleh para peneliti psikologi pendidikan, juga sering dipakai oleh para peneliti ilmu-ilmu social lainnya karena lebih memungkinkan peneliti melakukan investigasi dan penafsiran yang lebih luas dan mendalam.

  1. Metode penyelidikan klinis

Metode penelitian klinis pada umumnya diberlakukan untuk menyelidiki anak atau siswa yang mengalami penyimpangan perilaku.  Oleh karena nya, penggunaan sarana dan cara yang di kaitkan dengan metode penyelidikan klinis selalu memperhatikan batas-batas kesanggupan siswa sama halnya dengan metode eksperimen yang di lakukan laboratium, metode klinis juga mementingkan intensitas dan ketelihan yang sungguh-sungguh.

baca juga :

POS-POS TERBARU