Menelaah Konstitusi Negara Indonesia
Pendidikan

Menelaah Konstitusi Negara Indonesia

Menelaah Konstitusi Negara Indonesia

Menelaah Konstitusi Negara Indonesia
Menelaah Konstitusi Negara Indonesia

Assalamu’alaikum Quantumers,

Sejatinya setiap negara membutuhkan sebuah konstitusi yang menjadi dasar dalam apa-apa yang berhubungan dengan kehidupan negaranya. Konstitusi dalam arti luas adalah hukum dasar tertulis dan tidak tertulis yang dijadikan pedoman penyelenggaraan suatu negara yang dibuat atau resmi dipakai ketika sebuah negara diproklamirkan. Sedangkan dalam arti sempit konstitusi biasanya dikenal sebagai Undang-Undang Dasar atau hukum dasar tertulis yang merupakan tingkatan hukum tertinggi dalam negara.

Sejarah konstitusi Indonesia dapat dikatakan telah melewati berbagai tahap perkembangan. Tiap tahap memunculkan model ketatanegaraan yang khas, sampai karena trauma masa lalu terutama akibat praktik politik Orde Baru yang menyalahgunakan konstitusi untuk tujuan kekuasaannya yang sentralistik dan otoriter, memunculkan ide untuk mengamandemen UUD 1945.

Berikut ciri-ciri konstitusi negara dalam seluruh dunia :

Adanya Jaminan Terhadap Hak Asasi Manusia
Adanya Bentuk Negara dan Tata Cara
Adanya Susunan Ketatanegaraan
Adanya Lembaga-Lembaga Negara dan Pembagian Kekuasaannya
Adanya Pernyataan Tentang Perubahan Konstitusi
Hal apapun tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Sama halnya dengan konstitusi yang dimiliki oleh negara Indonesia, ia memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada beberapa kelebihan dari konstitusi di Indonesia yang membuatnya terus dipertahankan hingga kini, yaitu :

Kelebihan Konstitusi IndonesiaKelebihan Konstitusi Indonesia

Pelaksanaan berbagai jenis-jenis pemilu di Indonesia dengan berdasarkan asas-asas pemilu luberjurdil (langsung, umum, bebas, jujur, dan adil) sedangkan lembaga penyelenggara pemilu adalah KPU atau Komisi Pemilihan Umum dengan dibantu oleh Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu).
Terdapat sistem pembagian kekuasaan yang menjadikan setiap lembaga negara dapat melakukan pengawasan dan penyeimbangan satu sama lain sehingga dapat mewujudkan negara yang bebas dan bersih dari praktek KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).
Terdapat sistem demokrasi dengan banyak partai (Multi partai) sehingga suara rakyat dapat lebih terakomodasi dengan memperhatikan keberagamannya.
Adanya penggunaan sistem demokrasi Pancasila sehingga setiap warga dapat terlibat dalam tahap-tahap kebijakan publik sehingga tujuan pembangunan nasional dapat tercapai dengan baik.
Diutamakannya persatuan dan kesatuan nasional serta asas kekeluargaan dalam penyelenggaraan negara.
Pengambilan keputusan dilakukan dengan mekanisme musyawarah mufakat. Dengan mekanisme ini, akan ada banyak solusi bagi suatu masalah.
Kekurangan Konstitusi Indonesia

Selain memiliki beberapa kelebihan, terdapat pula beberapa kekurangan mendasar yang dimiliki oleh UUD 1945 sebagai konstitusi Indonesia. Berikut ini penjelasan dari kekurangan konstitusi negara Indonesia :

Isi setiap ketentuan di dalam UUD 1945 terlalu singkat, sehingga pengaturan terhadap suatu masalah kurang lengkap dan kurang tegas.
Adanya kebebasan menyampaikan pendapat yang menyebabkan masyarakat bebas menyampaikan hal negatif.
Porsi kekuasaan yang dimiliki oleh presiden sangat besar sehingga berpotensi menimbulkan kesewenangan dalam beberapa hal.
Kekuatan partai politik sangat mendominasi di kursi DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) sehingga memungkinkan kepentingan golongan lebih dibela.
Terdapat beberapa ketentuan dalam pasal UUD yang maknanya tidak jelas atau dapat menimbulkan banyak penafsiran seperti masa jabatan presiden.
Masa jabatan para menteri mengikuti kemauan presiden sehingga kabinet mudah goyah karena adanya perombakan kabinet.

Sumber : https://tribunbatam.co.id/zipper-apk/