Menanam kemangi dapat memberi penghasilan tambahan

Menanam kemangi dapat memberi penghasilan tambahan

Menanam kemangi dapat memberi penghasilan tambahan

Menanam kemangi dapat memberi penghasilan tambahan
Menanam kemangi dapat memberi penghasilan tambahan

Tampa disadari menanam bibit kemangi yang awalnya hanya sekedar hoby bercocok tanam, justru bisa mengdatangkan uang tambahan dalam keluarga. Hal ini bisa terjadi lantaran daun kemangi cukup banyak penggemarnya terutama bagi orang yang punya usaha makan sari laut. Tanaman kemangi bukanlah jenis tanaman yang memerlukan lahan luas ketika menanamnya, cukup kita menyiapkan media pot ukuran 1 kg Dan tempat untuk menyimpan pot boleh saja di tepi pekarangan rumah atau disekeliling tanaman inti.

Tanaman daun kemangi

Walaupun jenis tanaman ini hanya bermodalkan daun ketika dikonsumsi, namun jenis tanaman ini cukup familiar dimasyarakat pada umumnnya. Daun kemangi dapat tumbuh dengan media apapun yang kita siapkan yang penting media tersebut dapat kita berikan perawatan yang rutin termasuk sistem penyiraman air secukupnya. Sifat tanaman kemangi semakin sering kita pangkas semakin banyak cabangnya keluar .

Ada beberapa kriteria memilih tanaman kemangi antara lain;

Dalam pemilihan bibit

kita mesti mengambil dari bunga yang benar – benar kering agar biji yang kita ambil mempunyai kualitas tumbuh yang sempurna, jenis tanaman ini jika dibibit harus melalui sistem persemaian dipot.

Langkah aeal yang harus kita lakukan

sebelum penanaman adalah menentukan media apa yang harus kita gunakan, apakah medianya pot, plastik polybek, atau media tanam langsung ditanah. Sedangkan mengenai tanahnya kita harus mendaur ulang tanah murni dengan pupul kandang dan sekang padi yang habis terbakar.

jika bibit sudah tumbuh dalam persemaian

kita melakukan sortiran dipersemaian hanya yang batang dan daun yang kelihatan sehat kita pindahkan, namun dalam pemindahan kemedia permanen yang telah kita siapkan bibit ini kita cabut perlahan agar akar tidak rusak, tanah pot kita siram terlebih dulu agar mefia tetap lembab dan setelah bibit ditanam kembali disiram secukupnya agar akar tanaman cepatmenyatu dengan tanah.

Baca Juga: https://berkebun.co.id/budidaya-jamur-tiram/

Tanaman kemangi siap panen

Jika tangkai sudah cukup 4 – 5 batang pada tanaman kemangi berbentuk seperti ini berarti tanaman kemangi sudah memasuki musim panen, ada beberapa cara dalam panen kemangi yaitu ;
tangakai yang mau dipetik usahakan jangan terlalu rapat ke batang indukan agar kelak masih bisa membentuk cabang baru.
tangkai yang mau dipetik sebagai hasil produksi tanaman dipili yang berdaun lebat dan sehat, agar hasil panen kelihatan segar dan muda..