Pendidikan

Melodrama

Table of Contents

Melodrama

Drama yang menampilkan lakon tokoh sentimental, mendebarkan hati, dan menharukan. Tokoh dalam melodrama biasanya tokoh hitam putih atau stereotip. Sehingga akan terlihat membosankan karena akan memiliki sifat yang monoton. Jika buruk akan tetap buruk hingga akhir pertunjukan. Begitu pula sebaliknya. Melodrama hampir sama dengan drama treagedi. Namun berbeda mencolok dilihat dari tokoh utama. Jika melodrama tokoh utama pada akhirnya akan ikhlas menerima nasibnya, tidak dengan naskah drama komedi.

Contoh naskah melodrama adalah Opera Primadona karya N Riantiarno

Lakon “Mayat-Mayat Cinta”

  1. Farce

Atau bisa disebut dagelan merupakan drama yang memiliki lakon lucu. Bersifat entertain. Disebut drama murahan karena isinya yang ringan, kasar dan cenderung fulgar. Kekuatan kata dan tindakan merupakan hal utama membangkitkan kelucuan. Dalam dagelan alur cerita tersusun berdasar arus situasi dan disesuaikan keadaan penonton secara spontan. Salah satu kelompok yang menerapkan drama dagelan adalah srimulat.

  1. Opera

Yaitu drama yang dialognya berupa nyanyian dengan iringan musik dari lakonnya. Salah satu contoh opera adalah Yulius Caesar terjemahan Muh Yamin. Sedang operet adalah drama sejenis opera namun lebih pendek.

  1. Tablo

Merupakan jenis drama yang mengutamakan gerak. Jalan cerita dapat dimengerti melalui gerakan yang dilakukan para tokoh, seperti pantomim. Biasanya untuk menguatkan diiringi bunyi-bunyian pengiring.

  1. Sendratari

Gabungan antara seni drama dan tari. Rangkaian cerita dan adegan dieujudkan dengan gerakan dalam bentuk tari yang diiringi musik.

  1. Unsur-Unsur Naskah Lakon

Naskah lakon sebagaimana karya sastra lain, pada dasarnya mempunyai struktur yang jelas, yaitu tema, plot, setting, dan tokoh. Akan tetapi, naskah lakon yang khusus dipersiapkan untuk dipentaskan mempunyai struktur lain yang spesifik. Unsur-unsur lakon teater sebagai berikut.

1 Tema Cerita

Agar cerita menarik perlu dipilih topik, sebagai contoh tema masalah keluarga, misalnya topik pilih kasih.

  1. Amanat

 

Sumber :

https://littlehorribles.com/