Umum

Mamfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan & Kecantikan

Mamfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan & Kecantikan

Bagi penderita Diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi madu terlalu banyak karena madu mengandung banyak zat gula didalamnya, dan mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi madu tersebut.Rasa manis madu dihasilkan dari monosakarida fruktosa dan glukosa, dengan rendahnya aktivitas air dalam madu maka mikroorganisme tidak bisa berkembang baik di dalam madu, sehingga madu bisa lebih awet dan tidak gampang rusak.

Beberapa manfaat khasiat madu untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Mencegah kanker dan Serangan Jantung
Di dalam madu terdapat flavonoid yang merupakan salah satu jenis senyawa antioksidan yang membantu mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung.2. Mencegah Gangguan Pencernaan
Sebuah penelitian terbaru berhasil menunjukkan bahwa manfaat madu dapat membantu mengurangi gangguan penceranaan dan susah buang air besar karena madu mengandung serat.

3. Anti-bakteri dan Anti Jamur
Semua madu memiliki sifat antibakteri, karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida. Senyawa ini mampu bersifat anti bakteri dan jamur.

4. Kinerja Atletik
Atlet Olimpiade pada zaman dahulu mengkonsumsi madu untuk meningkatkan kinerja mereka. Di era modern seperti ini madu dikembangkan menjadi suplemen penambah daya tahan.

5. Mengurangi Batuk
Manfaat madu berikutnya adalah pereda batuk. Ada salah satu jenis madu yang ampuh dalam meredakan batuk, yaitu madu soba.

6. Menyembuhkan Luka
Sejak zaman dahulu gula dikenal sebagai pengobat luka. Setelah dilakukan penelitian teryata madu memang terbukti dapat mengobati luka dan juga mengandung anti-bakteri.

7. Probiotik
Probiotik merupakan bakteri baik yang diperlukan tubuh. Ada beberapa varietas madu memiliki sejumlah besar bakteri seperti ini.

8. Mempercantik Kulit
Anti-bakteri yang terdapat pada madu sangat berguna untuk kulit, dengan dicampur dengan bahan-bahan lainnya, manfaat madu dapat melembabkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati.