Konsumen dan ciri – ciri konsumen

Konsumen dan ciri – ciri konsumen

Konsumen dan ciri – ciri konsumen

Konsumen dan ciri – ciri konsumen
Konsumen dan ciri – ciri konsumen

Pengertian Konsumen

Konsumen adalah orang yang menggunakan barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik untuk keperluan pribadi ataupun untuk orang banyak dan tidak untuk diperdagangkan.

 

Sifat dari perilaku konsumen

  • Consumen Behaviour Is Dynamic ; Perilaku konsumen dikatakan dinamis karena adanya proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap individu konsumen dan kelompok konsumen yang selalu berubah setiap saatnya. Sehingga pengembangan strategi pemasaran menjadi sangat sulit dan menantang. Karena dari itu perusahaan diharuskan melakukan sebuah gebrakan baru atau inovasi baru terhadap produk-produknya secara bertahap guna untuk menarik hati konsumennya.
  • Consumer Behavior Involves Interactions ; Adanya kegiatan interaksi antara pemikiran, perasan, dan tindakan serta lingkungan. Perusahaan yang semakin dalam memahami keinginan konsumen serta mampu mempengaruhi konsumennya, maka semakin baik perusahaan tersebut dalam memberi kan nilai serta kepuasan bagi konsumennya.
  • Consumer Behavior Involves Exchange ; Perilaku konsumen yang melibatkan adanya pertukaran antara manusia satu dengan manusia yang lainnya. Dengan kata lain seseorang memberikan sesuatu untuk orang lain dan menerima sesuatu juga sebagai penggantinya.

Ciri – ciri konsumen sebagai berikut :

  • Personal Consumer : Menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kepuasan pribadi konsumen  itu sendiri.
  • Organizational Consumer : Konsumen yang membeli dan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kepuasan akan kebutuhan organisasinya sendiri.
  • Production concept : Umumnya seorang konsumen menyukai produk-produk yang harganya murah. Dan mudah diketahui bahwa objek pemasaran tersebut tidak lepas dari harga murah, produk yang efisien, serta distribusi yang insentif.
  • Product concept : Konsumen akan membeli produk yang ditawarkan dengan memiliki kualitas tinggi, tampilan yang baik, serta memiliki fitur-fitur yang lengkap dan canggih.
  • Selling concept : Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual barang atau jasa yang diputuskan secara sepihak untuk diproduksi.
  • Marketing concept : Sebelum menghasilkan sebuah produk perusahaan melakukan sebuah kegiatan riset atau penelitian untuk mengetahui keinginan dan karakteristik konsumennya. Dengan hasil riset yang sudah diketahui maka perusahaan kemudian melakukan kegiatan memproduksi produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
  • Market segmentation : Proses mengkelompokakan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam untuk memperoleh bagian pasar yang berkarakteristik dan perilaku yang lebih seragam.
  • Market targeting : Memilih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.
  • Positioning : Mengembangkan sebuah pemikiran konsumen akan suatu produk atau jasa yang berbeda.

Menyediakan nilai pelanggan didefinisikan sebagai rasio

antara keuntungan yang dirasakan sumber-sumber (ekonomi, fungsional dan psikologi) digunakan untuk menghasilkan keuntungan-keuntungan tersebut. Keuntungan yang telah dirasakan berupa relative dan subjektif.

Kepuasan pelanggan adalah pendapat suatu individu akan sebuah kinerja produk atau jasa dalam hubungannya dengan harapan-harapan.

 

Menjelaskan kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian tentang konsumen

  • Membantu konsumen untuk lebih mengetahui apa yang mereka inginkan, serta membantu segala kebutuhan untuk kepuasan konsumen tersebut dengan cara memberikan fasilitas yang dapat membantu mereka menyampaikan segala keinginan mereka,  untuk mengetahui  keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen.
  • Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang menjadi sasaran dan media baru untuk membantu promosi produk, gunakan non-media seperti melakukan pembagian produk gratis secara langsung di setiap stand-stand toko terdekat, capailah konsumen di toko, tajamkan promosi, bekerja sama dengan pengecer.
  • Selalu berinovasi dan berinovasi produk baru tetapi tidak mengurangi kualitas produk itu sendiri bahkan seharusnya lebih di tingkatkan lagi kualitas produk agar konsumen semakin percaya terhadap apa yang sudah mereka gunakan. Dengan melakukan inovasi produk tanpa mengurangi kualitas produk maka akan sangat mudah menarik konsumen untuk segera membelinya.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11143-campuran-homogen-heterogen-dan-macamnya