Pendidikan

Kelebihan dari metode ceramah antara lain

Kelebihan dari metode ceramah antara lain

  • Cermah merupakan metode yang “murah” dan ‘mudah” untuk dilakukan dalam pembelajaran hadist kelas II MI terkait materi hadis hormat kepada orang tua. Murah artinya proses ceramah dalam pembelajaran hadist terkait materi hadist hormat kepada orang tua tidak memerlukan peralatan-peralatan yang lengkap seperti metode yang lain. Mudah artinya ceramah hanya memerlukan suara guru dalam menyampaikan materi hadist tersebut.
  • Ceramah dapat menyajikan materi pembelajaran hadist terkait materi hadist hormat kepada orang tua dengan sangat luas. Artinya, materi pelajaran hadist tentang hormat kepada orang tua dapat dirangkum atau dijelaskan pokok-pokok materi tersebut oleh guru dengan waktu yang singkat.
  • Ceramah dapat memberikan pokok-pokok materi hadist hormat kepada orang tua yang perlu ditonjolkan. Artinya, guru dapat mengatur pokok-pokok materi hadist hormat kepada orang tua yang perlu ditekankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.
  • Melalui ceramah, guru dapat mengontrol keadaan kelas, oleh karena sepenuhnya kelas merupakan tenggung jawab guru yang memberikan ceramah tentang materi hadist hormat kepada orang tua.
  • Organisasi kelas dengan menggunakan ceramah dapat diatur menjadi lebih sederhana. Ceramah tidak memerlukan setting kelas yang beragam ataupun persiapan-persiapan yang rumit. Asal siswa dapat menempati tempat duduk untuk mendengarkan materi hadist hormat kepada orang tua, maka ceramah  tentang materi hadist tersebut dapat dilaksanakan.

Kelemahan dari metode ceramah antara lain:

  • Materi tentang hadist hormat kepada orang tua yang dapat dikuasai siswa sebagai hasil dari ceramah akan terbatas pada apa yang dikuasai guru mata pelajaran hadist. Sebab apa yang diberikan guru adalah apa yang telah dikuasainya, sehingga apa yang dikuasai siswa tergantung dari apa yang dikuasai guru mata pelajaran hadist tersebut.

sumber
https://robinschone.com/seva-mobil-bekas/