Karakteristik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Karakteristik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Karakteristik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Karakteristik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Karakteristik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

 

Untuk membahas lebih jelas tentang karakteristik

http://wahzunita.blogspot.com/2011/12/5-karakteristik-ips-menurut-ahli.html) diakses pada tanggal 15 Agustus 2015 PS, dapat dilihat dari berbagai pandangan. Berikut ini dikemukakan karakteristik IPS dilihat dari materi. (pukul 14.00 WIB), yaitu :
Materi IPS ada 5 macam sumber materi IPS antara lain:
  1. Segala sesuatu atau apa saja yang ada dan terjadi di sekitar anak sejak dari keluarga, sekolah, desa, kecamatan sampai lingkungan yang luas negara dan dunia dengan berbagai permasalahannya.
  2. Kegiatan manusia misalnya: mata pencaharian, pendidikan, keagamaan, produksi, komunikasi, transportasi.
  3. Lingkungan geografi dan budaya meliputi segala aspek geografi dan antropologi yang terdapat sejak dari lingkungan anak yang terdekat sampai yang terjauh.
  4. Kehidupan masa lampau, perkembangan kehidupan manusia, sejarah yang dimulai dari sejarah lingkungan terdekat sampai yang terjauh, tentang tokoh-tokoh dan kejadian-kejadian yang besar.
  5. Anak sebagai sumber materi meliputi berbagai segi, dari makanan, pakaian, permainan, keluarga.
Berkaitan dengan atmosfir di sekolah, ada sejumlah karakteristik yang dapat diidentifikasi pada siswa SD berdasarkan kelas-kelas yang terdapat di SD.

Karakteristik pada Masa Kelas Rendah SD (Kelas 1,2, dan 3), yaitu :

  1. Ada hubungan kuat antara keadaan jasmani dan prestasi sekolah
  2. Suka memuji diri sendiri
  3. Apabila tidak dapat menyelesaikan sesuatu, hal itu dianggapnya tidak penting
  4. Suka membandingkan dirinya dengan anak lain dalam hal yang menguntungkan dirinya
  5. Suka meremehkan orang lain

Karakteristik pada Masa Kelas Tinggi SD (Kelas 4,5, dan 6), yaitu :

  1. Perhatianya tertuju pada kehidupan praktis sehari-hari
  2. Ingin tahu, ingin belajar, dan realistis
  3. Timbul minat pada pelajaran-pelajaran khusus
  4. Anak memandang nilai sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajarnya di sekolah.

 

Pendapat lain tentang Karakteristik IPS yang dikemukan oleh A Kosasih Djahiri.

Karakteristik pembelajaran IPS menurut A Kosasih Djahiri (H.Sapriya dkk 2009: 8 ) sebagai berikut :
  1. IPS beusaha mempetautkan teori ilmu dengan fakta atau sebaliknya (menelaah fakta dari segi ilmu).
  2. Penelaahan dan pembahasan IPS tidak hanya dari satu bidang disiplin ilmu saja, melainkan bersifat komprehensif (meluas / dari ilmu sosial dan lainnya, sehingga berbagai konsep ilmu secara terintegrasi terpadu)digunakan untuk menelaah satu masalah / tema
  3. Mengutamakan peran aktif peserta didik melalui proses belajar inquiri agar peserta didik mampu mengembangkan berpikir kritis, rasional dan analisis.
  4. Program pembelajaran disusun dengan meningkatkan / menghubungkan bahan-bahan dari berbagai disiplin ilmu sosial dan lainnya dengan kehidupan nyata dimasyarakat, pengalaman, pemasalahan, kebutuhan kepada kehidupan dimasa depan baik dari lingkungan fisik/alam maupun budayanya
  5. IPS dihadapkan secara konsep dan kehidupan sosial yang sangat labil (mudah berubah), sehingga titik berat pembelajaran adalah terjasi proses internalisasi secara mantap dan aktif pada diri peserta didik aga memiliki kebiasaan dan kemahiran untuk menelaah permasalahan kehidupan nyata pada masyarakat
  6. IPS mengutamakan hal-hal, arti dan penghayat hubungan antar manusia dan keterampilannya
  7. Pembelajaran tidak hanya mengutamakan pengetahuan semata, juga nilai dan keterampilannya.
  8. Berusaha untuk memuaskan setiap peserta didik yang berbeda melalui program maupun pembelajaran dalam arti memperhatikan minat peserta didik dan masalah-masalah kemasyarakatan yang dekat dengan kehidupannya.
  9. Dalam pengembangan program pembelajaran senantiasa mlaksanakan prinsip-prinsip karakteristik (sifat dasar) dan pendekatan-pendekatan yang menjadi ciri IPS itu sendiri.
Dari pendapat tersebut terlihat bahwa karakteristik pembelajaran IPS merupakan pengabungan dari teori ilmu sosial dengan fakta yang memiliki sifat komprehensif melalui proses belajar Kooperatif maka pembelajaran akan lebih dimengerti karena siswa belajar dengan bantuan LKS secara berdiskusi dengan teman kelompoknya guna menemukan dan memahami konsep pembelajaran IPS tersebut.