Jenis-Jenis Air Laut
Pendidikan

Jenis-Jenis Air Laut

Jenis-Jenis Air Laut

Jenis-Jenis Air Laut

Untuk lebih jelasnya dari masing-masing simak uraian berikut ini:


  1. Laut Transgresi

Laut transgresi merupakan laut yang terjadi karena adanya perubahan permukaan laut secara positif (secara meluas). Perubahan permukaan ini terjadi karena naiknya permukaan air laut atau daratannya yang turun, yang sehingga bagian-bagian daratan yang rendah tergenang air laut. Dalam perubahan ini terjadi pada zaman es, contohnya laut jenis ini ialah Laut Jawa, Laut Arafuru dan Laut Utara.


  1. Laut Ingresi

Laut Ingresi merupakan laut yang terjadi karena adanya penurunan tanah di dasar laut. Oleh karena itu laut ini sering disebut dengan laut tanah turun. Penurunan tanah di dasar laut akan membentuk lubuk laut dan palung laut. Lubuk laut atau basin ialah penurunan di dasar laut yang berbentuk bulat. Contohnya lubuk Sulu, Lubuk Sulawesi dan Lubuk Karibia. Sedangkan Palung Laut atau trog ialah penurunan di dasar laut yang bentuknya memanjang. Contohnya Palung Mindanau yang memiliki kedalamannya sekitar 1.085 m, Palung Sunda yang memiliki kedalaman sekitar 7.450 m dan Palung Mariana yang memiliki kedalaman sekitar 10.683 (terdalam di dunia).


  1. Laut Regresi

Laut regresi merupakan laut yang menyempit. Yang penyempitan terjadi karena adanya pengendapan oleh batuan (pasir, lumpur dan lain-lain) yang dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di laut tersebut. Penyempitan laut banyak terjadi dipantai utara pulau Jawa.


Baca Juga :