iPhone 11 'Black Camera' dan Cara Mengatasinya
Teknologi

iPhone 11 ‘Black Camera’ dan Cara Mengatasinya

iPhone 11 ‘Black Camera’ dan Cara Mengatasinya

 

iPhone 11 'Black Camera' dan Cara Mengatasinya
iPhone 11 ‘Black Camera’ dan Cara Mengatasinya

Deretan iPhone 11 tahun ini dibekali amunisi fotografi canggih, baik dari segi hardware maupun software, termasuk fitur-fitur yang diusung. Namun, bukan berarti trio iPhone baru dari Apple tanpa kelemahan. Belum lama ini muncul laporan soal isu ‘Black Camera’ di smartphone andalan Apple itu.

Menurut laporan situs web iPhone Hacks, ‘Black Camera’ terjadi saat pemilik iPhone 11 membuka aplikasi kamera,

tapi yang muncul hanya layar hitam bersama kontrol kamera. Sepertinya ada yang menghalangi lensa di kamera belakang iPhone, sehingga pemiliknya tak bisa ambil foto atau merekam video.

Melansir IBM Times, Jumat (11/10/2019), isu ‘Black Camera’ di iPhone 11 sebenarnya mudah diperbaiki dan tak perlu penanganan langsung terkait hardware maupun software-nya. Berikut dua solusi yang ditawarkan:

1. Tutup Kamera dan Buka Kembali

Cara pertama yaitu dengan ‘memaksa’ menutup aplikasi kamera kemudian membukanya kembali. Ada kata ‘paksa’ di sini karena memang aplikasi kamera tidak ditutup secara normal melainkan melalui App Switcher.

Artinya, pemilik iPhone 11 harus swipe up jari ke atas dan tahan sebentar hingga muncul aplikasi-aplikasi yang sedang dibuka, kemudian geser aplikasi kamera yang sedang aktif ke atas untuk menutupnya dengan paksa.

Setelah itu dilakukan lalu buka aplikasi kamera di iPhone 11 seperti biasa.

Baca juga: 5 Alasan Upgrade ke iOS 13 Bagi Pemilik iPhone dan iPod Touch

2. Beralih ke Kamera Depan dan Kembali ke Kamera Belakang

Cara kedua lebih sederhana yakni dengan beralih ke kamera depan kemudian kembali ke kamera belakang. Cara ini

tak perlu tindakan khusus. Pengguna hanya men-switch ke kamera selfie kemudian kembali ke kamera belakang.

Hal itu dimungkinkan lantaran meski aplikasi kamera hanya menampilkan layar hitam, kontrol kamera masih muncul, mulai shutter, tombol beralih ke kamera selfie, fitur mode foto, termasuk zoom.

Dari riset iPhone Hacks, isu ‘Black Camera’ juga muncul di iPhone seri lawas, sementara yang dijumpai di iPhone 11 terjadi di model 11 Pro Max. Apple diharapkan menuntaskan isu ini melalui pembaruan iOS berikutnya.

Sementara itu, pemilik iPhone 11 di sektor kamera kini dapat memilih resolusi dan frame rate video langsung dari aplikasi kamera, tak perlu masuk dulu ke menu Settings. Melansir The Next Web, fitur ini hadir di iOS 13.2 Beta 2.

Adapun iPhone 11 yang diperkenalkan pada pertengahan September lalu meluncur dalam tiga model, yakni iPhone 11 reguler, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Erajaya Group, selaku mitra distribusi iPhone di Indonesia belum bisa memastikan kapan iPhone 11 akan masuk ke

Indonesia.

“Nanti tunggu kabar karena biasanya kalau untuk peluncuran produk baru, wewenang Apple yang akan mengumumkan,” kata CEO Erajaya Group Hasan Aula pada 30 September 2019 sebagaimana dikutip dari Antara.

Sumber:

https://movistarnext.com/eden-apk/