Pendidikan

FUNGSI MANAJEMEN BISNIS

FUNGSI MANAJEMEN BISNIS

FUNGSI MANAJEMEN BISNIS

Dalam ilmu manajemen bisnis

memiliki empat fungsi utama yang harus diketahui oleh pelaku usaha. Yang pertama adalah fungsi perencanaan berperan menentukan tujuan atau sasaran pelaku bisnis. Perencanaan manajemen dalam lingkup bisnis tergantung pada skala perusahaan dan dilakukan lebih dari satu kali. Misalnya perencanaan keseluruhan kemudian dibagi kedalam beberapa divisi.

Perencanaan yang telah dibagi akan dievaluasi oleh manager. Jika terjadi ketimpangan dengan tujuan atau sasaran maka diperbaiki dengan rencana alternatif. Sebab, perusahaan dalam menyusun perencanaan, disamping rencana utama juga memiliki rencana cadangan. Perencanaan merupakan elemen mendasar dan penting untuk melaksanakan aktivitas manajemen terutama dalam bisnis.

Fungsi perencanaan sering disebut sebagai pondasi agar bisnis semakin kuat. Basis perencanaan yang dibuat dalam rapat dewan direksi dan unsur perusahaan lain harus matang dan detail. Oleh karena itu, dalam perancangannya sebelum ditetapkan, dilakukan revisi beberapa kali. Harapannya agar aktivitas bisnis dimasa depan berjalan dengan semestinya.

Selanjutnya, dijalankannya fungsi pengorganisasian (organizing) untuk mengubah rencana menjadi kenyataan. Disamping itu, pelaku bisnis harus memastikan aktivitas atau tugas diamanahkan pada orang yang tepat. Pengorganisasian mengambil peran dalam penentuan orang yang tepat tersebut. Umumnya pengorganisasian memiliki sub bagian lagi seperti pemasaran, akuntansi, administrasi, dan produksi.

Idealnya dalam mengorganisasikan fungsi ketiga ini diketahui dan diawasi oleh masing-masing manajer divisi. Setelah itu, masing-masing manajer tersebut yang membuat pertanggungjawaban kepada direktur utama. Dengan pengorganisasian dapat menentukan tugas yang dilakukan, karyawan mana yang melakukan dan bertanggung jawab atas tugas dari perusahaan serta keputusan.

Fungsi keempat adalah memberikan pengarahan dengan keharusan semua anggota tim mengetahui tugas masing-masing. Sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai dan program dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, perlu adanya dorongan bagi anggota tim sehingga dapat termotivasi bekerja terus-menerus.

Pengarahan tersebut sangat dibutuhkan dalam suatu manajemen pengembangan bisnis. Biasanya peran pengarahan dilakukan manajer masing-masing divisi. Perusahaan dan manajer melakukan pengarahan menggunakan metode influencing dan motivating.

Terakhir yaitu fungsi pengendalian agar manajemen sebuah bisnis berjalan semestinya dan optimal. Dalam melakukan controlling biasanya terdiri dari empat aktivitas yakni menentukan standar, mengukur pencapaian, membandingkan pencapaian dengan standar, dan melakukan perbaikan. Dilakukan juga evaluasi untuk perbaikan jika ditemukan penyimpangan dari standar yang ditetapkan.


Sumber: https://www.inntrance.net/patchwork-apk/