FUNGSI HATI NURANI
Pendidikan

FUNGSI HATI NURANI

  1. FUNGSI HATI NURANI

  2. FUNGSI HATI NURANI

Hati nurani memiliki 2 aspek:

  1. Aspek yang berhubungan dengan apa yang telah dilakukan oleh seseorang yang memiliki hati nurani tsb.
    2. Akibat langsung atau efek yang berhubungan dengan Allah, sebagai pencipta dirinya

Yang dimaksud dalam hal pertama diatas adalah apa yang telah saya lakukan harus saya pertanggung jawabkan. Dan yang dimaksud dalam hal yang kedua adalah kepada siapa saya harus bertanggung jawab.
Allah adalah pencipta dan sekaligus menjadi hakim yang akan menghakimi kita, maka terlihat jelas kedua aspek tsb.

Untuk memahami hal ini, saya akan berikan sebuah contoh.
Saat seseorang berbuat sesuatu yang melawan / menentang hati nuraninya sendiri, maka ia akan segera menjadi musuh (lawan) dari dirinya sendiri. Kemudian hati nurani kita sudah tidak lagi harmonis dengan diri kita maka secara “instink” kita mengetahui bahwa kita harus terhadapan dengan Allah.
Lalu yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah :
Jika hati nurani adalah merupakan wakil suara dari Tuhan, bukankah kalau demikian hati nurani saja sudah cukup, kita tidak memerlukan Roh Kudus lagi? Atau jika setiap orang yang di dalam hati sudah ada wakil suara dari Tuhan, apakah pasti akan sama suara hati tsb?
Jawabannya justru terbalik. Kita sudah memiliki hati nurani dan kita telah diberikan suara yang mewakili Tuhan tetapi mengapa suara hati nuraniku dengan suara hati nuranimu masih berbeda? Mengapa standar yang saya buat dengan yang anda buat tidak sama?
Mengapa apa yang saya lakukan dengan sejahtera, bagi orang lain tidak/belum tentu sejahtera? Apakah yang membedakan hal ini?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa semenjak kejatuhan manusia ke dalam dosa maka hati nurani sudah tidak netral dan berfungsi sebagaimana aslinya pada saat diciptakan (pada saat manusia belum jatuh ke dalam dosa, fungsi hati nurani bersifat netral dan murni). Artinya fungsi hati nurani telah tercemar semenjak manusia jatuh kedalam dosa, yang mengakibatkan terjadinya polusi hati nurani. Semua fungsi hati nurani masih tetap ada, tetapi tidak mungkin semurni aslinya.

sumber :

https://9apps.id/