Dokumentasi Penggunaan Program
Pendidikan

Dokumentasi Penggunaan Program

Dokumentasi Penggunaan Program

Dokumentasi Penggunaan Program
Dokumentasi Penggunaan Program

Dokumentasi penggunaan program sangat diperlukan untuk dapat memberitahu kepada pengguna bagaimana cara menggunakan program yang telah dibuat. Jika tidak dibuatkan cara menggunakan programnya, dikhawatirkan program menjadi tidak dapat dipakai, apalagi jika programnya kurang interaktif.

Banyak program yang dibuat, cara pemakaiannya sesuai dengan alur logika pemrogramnya. Bukan berdasarkan alur logika pengguna program. Karenanya harus dibuatkan dokumentasi cara menggunakan program, agar pengguna tahu bagaimana cara menggunakan dengan benar.

Tools
Jika kita hanya memiliki dokumentasi kode program, maka kita dapat mengambil dokumentasi dari kode program tersebut untuk menjadi seolah-olah dokumentasi spesifikasi program. Kita harus menggunakan tools untuk melakukan pengambilan dokumentasi kode program dengan menggunakan tools.

Agar dokumentasi dalam kode program dapat diambil oleh tools yang akan digunakan, maka cara penulisan dokumentasi harus mengikuti standar tertentu. Jika kita menggunakan Java, maka kita dapat menggunakan javadoc untuk mengambil dokumentasinya. Untuk bahasa pemrograman lain ada juga toolsnya. Masing-masing memiliki tools yang membantu untuk membuatkan dokumentasi dari dokumentasi kode program.

Beberapa tools yang umum digunakan adalah:

javadoc
delphidoc
doxygen
doxygen (http://www.doxygen.org/) adalah tools open source yang paling umum digunakan, yang digunakan untuk membuat dokumentasi dari source program.

Sumber : https://newsinfilm.com/seva-mobil-bekas/