Doa akan tidur dan bangun tidur

Doa akan tidur dan bangun tidur

Doa akan tidur dan bangun tidur

Doa akan tidur dan bangun tidur
Doa akan tidur dan bangun tidur

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda, Sesungguhnya ketika manusia tidur, setan mengikat tengkuknya dengan tiga ikatan, yang diatasnya tertulis “Selamat malam, malam yang panjang bagimu, maka tidurlah sepuasmu, jangan kau bangun”. Ketika dia (manusia) terbangun dan menyebut Allah, maka lepaslah ikatan pertama. Dan ketika dia berwudlu, maka lepaslah ikatan yang kedua, lantas apabila dia melaksanakan shalat, maka lepaslah seluruh ikatan setan. Sehingga ketika dipagi hari dia akan bersemangat untuk beraktivitas dan jiwanya menjadi baik (cara perfikirnya positif). Namun apabila dia tidak menyebut asma Allah, berwudlu dan shalat, maka dia akan menjadi pemalas dan jiwanya (pola berfikirnya) menjadi kotor.

Doa akan tidur ( 1 )

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Dengan nama-Mu aku hidup dan mati”.

Doa akan tidur ( 2 )

“Dengan menyebut nama Mu ya Tuhanku, aku meletakkan tubuhku. Dan dengan rahmat Mu aku mengangkatnya ( bangun). Jika Kau menahan nyawaku, maka kasianilah. Jika Kau melepaskannya, maka jagalah seperti Kau menjaga hambaMu yang shaleh. Ya Allah jagalah diriku dari siksa di saat Kau bangkitkan semua hambaMu”.

Membaca surat al Ikhlas dan al Mu’awidzatain (Surat Al Falaq dan Al Nas), lantas meniupkannya ketelapak tangan dan mengusapkannya kesuluruh tubuh. Setelah itu membaca ayat Aamanar rosuul…. (akhir surat al Baqaqrah).

Bila anda istiqamah dalam mengamalkannya, maka anda akan mendapat karomah dari Allah yang lebih baik dari pada bumi langit dan seisinya. Namun bila tidak memungkinkan, maka bacalah doa akan tidur no. 1

Manfaat

Doa akan tidur, membebaskanya dari gangguan manusia jahat, jin dan setan. Manusia yang sedang tidur, adalah manusia yang pasif dan labil. Dalam kondisi tidur, ia rawan diganggu, baik gangguan dari sesama manusia, seperti santet, tenung dll, ataupun gangguan setan seperti hulmu mimpi buruk. Agar terhindar dari itu semua, sebaiknya anda membaca doa dibawah ini sebagai perisai anda disaat tidur. Membaca surat al fatihah dihadiahkan kepada:
Rasulullah Shallahu alaihi wasallam
Sayyidina Ali bin Abi Thalib Ra
Syaikh Abdul Qodir al Jailany
Syaikh Ma’ruf al Karokhy
Syaikh Aqil al Manjaby
Syaikh ‘iyad Ibnul al Qais al Haraby

Lantas membaca surat al Ikhlas dan al Mu’awidzatain (Surat Al Falaq dan Al Nas) sekali.

Yang paling afdlal, amalan diatas dibaca rutin setelah shalat maghrib dan subuh masing masing satu kali, insya Allah diri anda akan dijaga oleh Allah dan tidak ada satupun makhluq jahat yang mampu mengganggu anda.

Doa Bangun Tidur

Dengan diimbangi Doa bangun tidur :

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan (membangunkan) aku setelah mematikanku (menidurkanku), dan hanya kepada-Nya segala bentuk aktivitas”.

Dari Aisyah Ra, bahwa Rasulullah, Saw bersabda, Barang siapa ketika bangun tidur membaca doa:

“Tiada Tuhan kecuali Allah yang tunggal tidak ada yang menyekutuinya, bagi Allah kerajaan dan bagi Allah segala puji. Dia (Allah) kuasa atas segala sesuatu”.

Maka Allah akan mengampuni semua dosa dosa (kecil)nya, walaupun sebanyak buih di lautan.

Demikian uraian tentang doa akan tidur dan doa bangun tidur , semoga bermanfaat. Amiin.

Baca Juga: