Dinamika Pelakasanaan UUD 1945 Dan Analisis Sidang DPR

Dinamika Pelakasanaan UUD 1945

Dinamika Pelakasanaan UUD 1945 Dan Analisis Sidang DPR

Dinamika Pelakasanaan UUD 1945

Dinamika Pelakasanaan UUD 1945

Pada dasarnya UUD 1945 yang dulu dikenal dengan piagam jakarta berisi tentang peraturan perundang-undngan hukum dan berisi pula tentang Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. UUD 1945 sebagai hukum dasar negara Indonesia dalam hal ini terdapat pengertian tentang hukum dasar yaitu aturan-aturan dasar yang dipakai sebagai landasan dasar dan sumber berlakunya seluruh hukum perundangn-undangan dan penyelenggaraan pemerintah pada suatu negara. Sedangkan untuk jenis-jenis hukum dasar dapat dibedakaan menjadi dua macam, yaitu.

1. Hukum dasar tertulis yang artinya suatu konstitusi negara yang menjadi dasar dan sumber bagi peraturan-peraturan lain atau perundang-undangan lain yang berlaku disuatu negara. Contohnya : UUD 1945. Sifat dari hukum tertulis adalah:

  • Peraturan perundangan yang tertinggi dalaam negara
  • Memuat aturan pokok ketatanegraan
  • Mengikat, baik pemerintah, lembaga-lembaga ketatanegraan, lembaga-lembaga kemasyarakatan, warga negara dan penduduk dimana saja.
  • Menjadi alat pengontrol apakah peraturan hukum sudah sesuai dengan ketentuan UUD 1945
  • Menjadi sumber hukum dan dasar bagi peraturan perundangan bawahan

2. Hukum dasar tidak tertulis yaitu suatu konvesi ketatanegaraan atau kebiasaan ketatanegraan. Konvesi adalah aturan-aturan yang timbul dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan negara. Contohnya : pidato proklamasi, pidato kenegaraan presiden tiap-tiap tanggal 16 agustus, dan pengambilan keputusan secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Sifat dari hukum dasar tidak tertulis.

  • Tidak bertentangan dengan isi, arti, dan maksud hukum dasar tertulis
  • Melengkapi, mengisi kekosongan ketentuan yang tidak diatur secara jelas dalaam hokum dasar tertulis
  • Memantapkan hukum dasar tertulis
  • Terjadi berulang kali dan dapat diterima oleh masyarakat
  • Hanya dapat terjadi pada tingkat nasional
  • Merupakan aturan dasar komplementasi bagi UUD

Pengertian UUD 1945

Pengertian UUD 1945 adalah suatu hukum dasar tertulis (konstitusi negara) yang menjadi dasar dan sumber peraturan-peraturan lain atau perundang-undangan lain yang berlaku di negra republik Indonesia. Undang-undang dasar 1945 adalah suatu naskah yang didalamnya terdiri atas pembukaan, batang tubuh atau isi, dan penjelasaan. Penetapan undang-undang dasar 1945 pada tangga 18 agustus oleh PPKI (Perencanaan Persiapan Kemerdekaan Indoneisa). Undang-undang dasar 1945 sebagai hukum dasar tertulis dapat diartikan sebagai berikut.

1.Undang-undang dasar 1945 mempunyai kekuatan untuk.

  • Mengikat Pemerintah
  • Mengikat Lembaga-Lembaga Negara atau Pemerintah
  • Mengikat Lembaga-Lembaga Masyarakat
  • Mengikat Warga Negara atau Penduduk

2.Undang–undang dasar berisi norma-norma, aturan-aturan dan ketentuan dasar

3.Undang-undang dasar 1945 merupakan peraturan perundang-undangan tertinggi dengan peraturan perundang-undangan lainnya

4. Undang-undang dasar 1945 merupakan sumber hukum dari semua peraturan

Analisis Sidang DPR Mengenai Pilkada LANGSUNG

 Sidang yang terjadi tetang ngebahas masalah pilkada langsung seharusnya tidak perlu terjadi keributa bisa di selesaikan dengan cara bermusyawarah untuk mencapai mufakat karena di negara indonesia masih mejungjung tinggi pancasila. Hal tersebut sangat disayangkan bahkan sangat memalukan karena sidang tersebut sangat tidak konsudif. Wakil rakyat bersikap tidak sebagai seorang pemimpin yang seharusnya memiliki intelektual, karena Pemimpin seharusnya dapat memberkan contoh yang baik kepada rakyatnya sesuai dengan norma yang berlaku. Keputusan ini menyebabkan banyak pihak bahwan sebagian bangsa Indonesia kecewa, sehingga masalah ini masih mencari cara untuk menolak atau mengagalkan ke Mahkamah Konstitusi.

 

Artikel terkait :