Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Windows 10
Teknologi

Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Windows 10

Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Windows 10

 

Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Windows 10
Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Windows 10

NGONOO.com – Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Windows 10, Sistemo Operasi Windows 10 memang sudah banyak sekali mengalami pembaharuan, dari sisi tampilan hingga fitur-fitur terbaru yang menjadi lebih lengkap. Pada kesempatan kali ini mimin bakal ngasih tau tips sederhana gimana caranyanya mengubah aplikasi default pada Windows 10.

Untuk sekarang dan beberapa waktu kedepan, kita akan mengulak dan mengulik tentang Windows 10 ya gaes,

sedangkan untuk tips lainnya juga akan mengikuti, baik itu tips seputar Android, iOS dan beberapa platform lainnya.

Kembali ke soal mengubah aplikasi default pada Windows 10. Biasanya setelah melakukan instalasi OS Windows 10, semua aplikasi akan langsung menggunakan bawaan dari OS tersebut, ketika kita sudah melakukan instalasi beberapa program standar di Windows 10, tentu kita punya selera sendiri akan menggunakan aplikasi apa untuk membuka file tersebut.

Salah satu contoh, ketika kita akan memutar video, Windows 10 sudah membekali aplikasi Film & TV/ aplikasi

default, namun kita ingin hanya dengan sekali klik saja file video sudah langsung terbuka dengan aplikasi yang kita instal, misalnya KMPlayer. Caranya mudah gaes, asal kamu menyimak tips berikut ini.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka menu Setting

Klik menu System dan pilih opsi Default Apps di sisi kiri

Selanjutnya di sisi kanan terdapat daftar aplikasi dafault apa saja yang saat ini kamu gunakan. Jika ingin mengganti sesuai dengan keinginan kita, klik saja icon yang tedapat pada aplikasi default tersebut, lalu ganti dengan aplikasi yang kita inginkan, begini contohnya

Dibawah pilihan Choose sefault apps juga terdapat beberapa opsi seperti, Choose default apps by file type yang

memiliki fungsi untuk mengatur aplikasi default berdasarkan type file. Choose default apps by protocol, pengaturan dafault apps ini lebih spesifik gaes, seperti mengatur apps browser dan beberapa aplikasi program standar. Terakhir Set default by apps, fungsi ini bisa kamu gunakan untuk membuka file apa saja dengan apps yang tersedia dan support di PC kita.

Udah deh, nggak ribet-ribet amat kok gaes. Tapi kalau kamu udah terlanjut ngutak atik dan malah nampak lebih bingung, lebih baik settingan tadi dikembalikan seperti semula “Reset to the Microsoft recomended default”.

Baca Juga: