Cara Lain Menikmati Es Krim Neapolitan
Umum

Cara Lain Menikmati Es Krim Neapolitan

Cara Lain Menikmati Es Krim NeapolitanCara Lain Menikmati Es Krim Neapolitan

Penyuka es krim mana suaranya?

Tahu enggak kalau menikmati es krim itu ada seninya loh? Biar enggak bosan.

Eh, makan es krim mana ada bosannya ya? Yang ada mau lagi mau lagi. Pastinya. Karena es krim itu memang enak sekali sih. Penggemar es krim itu dari anak-anak sampai lansia loh. Tak percaya? Silakan survei sendiri.

Dokpri

Kok jadi ngomongin survei sih? Kan tadi sedang membahas soal es krim. Mari kembali ke laptop. Eh, kembali ke topik awal. Yaitu es krim.

Bicara soal es Krim, ternyata es krim itu sudah ada sejak berabad-abad silam loh. Contohnya es krim Neapolitan yang sudah ada sejak abad ke-19. Wuih.

Memang apa sih es krim Neapolitan itu? Bukannya nama merk es krim ya? Hohoho, bukan merk. Neapolitan itu salah satu jenis es krim. Pada awalnya es krim itu kan hanya satu jenis saja. Es krim original berwarna putih susu gitu. Karena memang es krim terbuat dari susu.

Seiring perkembangan zaman mulailah es krim diberi rasa vanilla, cokelat dan stroberi. Sehingga jenis es krim menjadi beraneka macam dan rasa. Nah, Neapolitan muncul menjadi varian baru es krim. Yaitu es krim yang terdiri dari tiga rasa tersebut.

Jadi tiga rasa es krim tadi yakni vanilla, cokelat dan stroberi dijadikan satu wadah yang kemudian diberi nama Neapolitan. Kenapa namanya Neapolitan? Karena yang menginspirasi jenis es krim ini adalah orang-orang dari daerah Naples, Napoli, Italia.

Namun yang mempopulerkan es krim Neapolitan adalah seorang imigran Italia di Perancis dan Amerika Serikat. Imigran ini berjualan es krim aneka rasa di sana. Namun tidak tahu mesti memberi nama apa pada jualannya tersebut.

Akhirnya imigran itu memberi nama Neapolitan untuk es krim yang dijualnya. Diambil dari nama daerah Naples, Napoli itu tadi. Karena orang-orang Napleslah yang makan es krim dengan cara dicampur seperti ini.

Sejak itu es krim Neapolitan mulai dikenal luas dan disukai oleh semua penikmat es krim, termasuk saya. Namun cara menikmatinya yang berbeda.

Biasanya es krim yang kita temui itu kan sudah dalam bentuk kemasan. Ada yang dalam bentuk cone dan ada yang dalam cup. Jadi kita tinggal menikmatinya saja. Namun berbeda dengan Neapolitan. Es krim ini dikemas dalam kotak berukuran kecil, sedang dan besar sesuai takaran. Sekian liter. Kok literan?

Iya, memang demikian. Tentunya tidak bisa satu kali makan ya? Iya. Bisa untuk berhari-hari. Kecuali langsung disuguhkan untuk dimakan beramai-ramai. Itu lain cerita.

Dalam memakan es krim semacam ini biasanya menggunakan gelas atau mangkuk kecil. Namun tak demikian dengan saya. Ada cara lain biar Nyeni. Yaitu dengan menggunakan roti tawar.

Weh, bagaimana caranya? Macam mana rasanya? Caranya mudah. Dan rasanya tetap enak. Cukup dengan menyiapkan beberapa lembar roti tawar. Lalu roti tawar tersebut dipotong menjadi dua bagian. Ambil satu bagian roti tawar yang sudah dibelah. Olesi dengan beberapa sendok es krim kemudian lipat roti tawarnya. Nah, roti tawar isi es krim siap dimakan. Mudah bukan? Dan tetap enak.

Dokpri

Itu cara lain saya dalam menikmati es krim Neapolitan jika di rumah. Kalau di rumah orang sebagai tamu sih terima saja disuguhi es krim dalam bentuk apa saja. Kalau nawar dan tanya ini dan itu bisa jadi tuan rumahnya kesal. Dalam hati bisa ngedumel. “Lo kate ini warung minta macem-macem.”

 

 

Sumber: https://duniabudidaya.co.id/pameran-elektronik-china-iceei-resmi-dibuka/