Cara Budidaya Ikan Lemon

Cara Budidaya Ikan Lemon

Cara Budidaya Ikan Lemon

Cara Budidaya Ikan Lemon
Cara Budidaya Ikan Lemon

Apakah Anda ingin membudidayakan ikan lemon? Ikan lemon dikenal sebagai ikan air tawar yang memiliki badan dengan warna yang sangat menarik. Hampir seluruh adegan dari ikan ini berwarna kuning lemon. Hal ini membuat siapa pun yang melihatnya pasti akan merasa segar.

Ikan lemon juga mempunyai gerak-gerik yang sangat aktif. Ditambah dengan perawatannya yang mudah, menyebabkan ikan ini begitu digemari. Ikan lemon biasanya dipelihara di akuarium. Tidak disarankan memasukkan ikan ini ke dalam kolam alasannya ialah pesonanya tidak akan terlihat maksimal. Buat Anda yang ingin membudidayakan ikan lemon, perhatikan langkah-langkah berikut ini!

Pemilihan Indukan

Indukan ikan lemon harus setidaknya berumur 7 bulan. Rata-rata postur ikan jantan lebih besar dibandingkan dengan ikan betina. Warna ikan jantan juga jauh lebih cerah daripada ikan betina. Ikan lemon jantan pun mempunyai sirip punggung dan sirip perut yang berwarna hitam. Sedangkan seluruh badan ikan betina berkelir kuning. Jika diperhatikan dengan seksama, ikan lemon jantan berbentuk langsing dan si betinanya berbentuk membulat.

Persiapan Pemijahan

ikan cupang aduan – Sebelum dilakukan proses pemijahan, ikan lemon jantan dan betina harus dimasukkan ke dalam akuarium yang berbeda. Akuarium tersebut berukuran 100 x 50 x 40 cm. Lalu isilah akuarium dengan air hingga ketinggiannya mencapai 20-25 cm. Berikutnya siapkan pula kolam pemijahan seluas 2 m2 yang dilengkapi dengan beberapa kakaban sebagai daerah untuk menaruh telur.

Kolam ini mampu digunakan untuk mendukung proses pemijahan secara massal sehingga menghemat biaya dan meningkatkan potensi keberhasilannya. Sebaiknya gunakan kolam indoor, tetapi kalau terpaksa membuat kolam outdoor maka Anda harus membuat pagar yang mengelilingi kolam untuk melindungi ikan-ikan nanti dari serangan hama.

Pemijahan Indukan

Ikan lemon indukan dipelihara di akuarium karantina hingga kondisinya telah mencapai matang secara gonad. Ciri-cirinya yaitu ikan terlihat lebih berangasan daripada biasanya. Setelah itu, ikan-ikan tersebut dimasukkan ke dalam kolam pemijahan dengan perbandingan ikan jantan dan ikan betina yakni 2:1. Pertemuan awal ikan-ikan ini mungkin akan didominasi dengan ikan yang saling berkejar-kejaran. Setelah ikan merasa tenang, mereka bakal bergerak ke dasar kolam dan melaksanakan pemijahan dengan pasangannya.

Perawatan Anakan

Anakan ikan lemon biasanya akan pribadi menetas dari telurnya pada waktu 2-3 hari. Karena ikan ini masih mempunyai cadangan makanan dari sel kuning telur yang menempel di perutnya, ikan tidak boleh diberikan makanan terlebih dahulu. Kami biasanya menunjukkan pakan dimulai pada hari ke-4 menggunakan pakan berupa cacing sutera yang dicincang halus. Berikanlah makanan ini dalam dosis yang secukupnya semoga tidak mengotori air di akuarium pemeliharaan.