BATUK PADA ANJING

BATUK PADA ANJING

BATUK PADA ANJING

BATUK PADA ANJING
BATUK PADA ANJING

Batuk adalah reflek fisiologis baik dalam kedaan sehat

maupun dalam keadaan sakit ,yang dapat ditimbulkan oleh berbagai sebab. Reflek batuk muncul karena adanya rangsangan pada mukosa saluran pernafasan mulai dari laring sampai bronkus.
Pada mukosa saluran pernafasan terdapat reseptor –reseptor yang peka terhadap rangsangan dan menimbulkamn reflek batuk.

Batuk pada anjing terbagi manjadi dua bagian diantaranya, Batuk kering dan dan batuk produktif.

Batuk Kering atau non-produktif tidak disertai sputium.,menimbulkan gejala iritasi dan gatal pada tenggorokan di anjing. Dibandingkan dengan batuk produktif,
Batuk kering tidak menimbulkan gejala atau keluhan apapun selain batuk.
Batuk kering pada anjing yang bersifat sangat berat dapat menyebabkan suara serak sampai hilang, batuk kering sering kali dipicu oleh terhirupnya partikel partikel makanan,asap/uap iritan serta perubahan suhu udara. Bisa juga disebabkan oleh akibat infeksi virus atau flu yang belum lama terjadi. Batuk kering merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan pada anjing tersebut, seperti Asma , Refluks gastroesofogus. Obat obat tertentu misalnya inhibitor (antihipertensi) diketahui dapat memicu terjadinya batuk kering.

ANJURAN
Dapat diberikan obat antitusif untuk membantu meredahkan gejala batuk kering

BATUK PRODUKTIF

Batuk adalah suatu proses alami yang penting untuk menjaga agar tenggorokan dan jalan nafas senantiasa bersih. Pada batuk Produktif Anjing mungkin mengalami rasa tidak nyaman akibat banyak dahak didalam pernafasannya dan sulit bernafas., dan sering kali menimbulkan stress. Batuk produktif disertai dengan keluarnya lender atau dahak. Gejala biasanya bertambah berat pada saat anjing melakukan aktifitas mis banyak berlari atau keaktifan.atau saat menggonggong. Batuk produktif adakalanya merupakan gejala sisa dari nyeri tenggorokan,kongesti nasal dan kongesti sinus,namun demikian, gejala batuk yang sangat berlebihan merupakan pertanda adanya suatu penyakit atau gangguan kesehatan,sehingga memerlukan penanganan medis

Penyebab batuk :

– Karena adanya peradangan atau infeksi.

– Karna alergi

– Sebab mekanis akibat asap atau udara kotor dan perubahan cuaca.

– Rangsangan kimia oleh gas maupun bau kandang yang kotor serta tempat minum yg tercemar.

PRINSIP PENGOBATAN PADA BATUK

– Menghilangkaan penyebab (kausatif)

– Karna infeksi, berikan obat anti infeksi.

– Karna alergi ,berikan obat anti alergi.

– Mekanis,Menghindari partikel penyebab batuk.

Virus penyebab radang pada saluran nafas, misalnya Common Cold, Influenza, Paringitis,Bronkitis merupakan pembuka jalan masuknya kuman kuman lain untuk mengadakan invasi dan infeksi pada saluran pernafasan melalui kerusakan mukosa yang dibuat.

PENGOBATAN SIMTOMATIS.

Mengeluarkan riak/dahak.

Batuk produktif yang disertai riak yang banyak merupakan media tempat tinggalnya kuman dan penyebab batuk,obat Ekspektoransia berkasiat mengencerkan riak (bronkosekretolirik).

Bersamaan keluarnya riak keluar (bronosekretomotorik).,bersamaan keluarnya riak diharapkan tereliminasi juga penyebab rangsang batuk.

KERUGIAN KERUGIAN PADA BATUK

– Tekanan akibat batuk menyebabkan penjalaran infeksi kebagian paru paru lain.
– Menambah beban, menurunkan daya tahan tubuh anjing, dan menimbulkan rasa

sakit,mis pada anjing yang menderita kelemahan jantung,penderita post operativ

Obat batuk yang berkhasiat meredahkan batuk atau antitusiv yang bekerja dengan caca mengurangi kepekaan pusat batuk pada medulla oblongata.

Salah satu dari penyebab batuk pada anjing biasanya juga dikarnakan terinfeksi cacing paru paru,yang menyebabkan radang pada paru paru tersebut.

Bahkan kalau sudah menjadi parasid darah akan mengakibatkan terjadinya muntah darah yang akan mematikan pada anjing tersebut.