Asesor Pilar Penting Dalam Pelaksanaan Akreditasi Sekolah

Asesor Pilar Penting Dalam Pelaksanaan Akreditasi Sekolah

Asesor Pilar Penting Dalam Pelaksanaan Akreditasi Sekolah

Asesor Pilar Penting Dalam Pelaksanaan Akreditasi Sekolah
Asesor Pilar Penting Dalam Pelaksanaan Akreditasi Sekolah

Ketersediaan jumlah asesor yang memadai di setiap Badan Akreditasi Nasinal-Sekolah

/Madrasah (BAN-S/M) provinsi dapat memperlancar pelaksanaan akreditasi Sekolah/Madrasah. Sebab, asesor meru­pakan salah satu pilar penting dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah.

Hal itu diungkapkan, ang­gota BAN-S/M Provinsi Jawa Barat, Saripudin, usai pelaks­anaan visitasi BAN-S/M Pro­vinsi Jawa Barat, di SMA Pa­sundan 8, Jalan Cihampelas Kota Bandung, Jumat (3/5).

Menurutnya, untuk mencu­kupi kebutuhan asesor dibebe­rapa BAN-S/M Provinsi, pihaknya telah merekrut dan mengadakan seleksi calon asesor.

”Di bawah Kementerian Pendidikan dan sebagai lem­baga independen, rekrut­men asesor sudah berdasar­kan Keputusan Ketua BAN-S/M Nomor: 385/BAN-SM/SK/2019 Tanggal 22 April 2019,” ujarnya.

Dikatakannya, para peserta yang lulus seleksi akan se­gera mengikuti pelatihan calon asesor

yang tujuannya untuk menyiapkan asesor ber­kualitas dan juga berkaitan dengan keterampilan dan pengetahuan mereka.

”Melalui pelatihan peserta diharapkan memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap sehingga dapat melaksanakan tugas visitasi dalam rangka akreditasi se­kolah/madrasah secara pro­fesional,” katanya.

Tersedianya asesor profesio­nal di setiap BAN-S/M Pro­vinsi dapat mendukung dan menjamin terwujudnya pelaks­anaan akreditasi pendidikan bermutu. Untuk itu, diperlukan peningkatan pengetahuan yang komprehensif tentang kebija­kan, mekanisme, dan perang­kat akreditasi.

Tidak hanya itu, diperlukan pula peningkatan keteram­pilan dalam melaksanakan visitasi akreditasi

secara lintas jenjang dan juga meningkat­kan keterampilan mengguna­kan aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) dan keteram­pilan menyusun laporan vi­sitasi dan rekomendasi, mengedapankan sikap pro­fesional dalam melaksanakan akreditasi.

”Yang terpenting dari pela­tihan asesor ini tentunya ber­kaitan dengan tujuannya. Saya berharap dengan tersedianya asesor baru yang memahami perangkat akreditasi semua jenjang, mampu mengguna­kan aplikasi Sispena-S/M, memiliki kemampuan untuk melaksanakan visitasi secara profesional, dan memiliki integritas yang tinggi serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya se­bagai asesor,” jelasnya.

Dia menuturkan, para pe­serta yang dinyatakan lolos, maka akan mendapatkan sertifikat serta diberikan tugas melaksanakan visitasi lintas jenjang di wilayah BAN-S/M Provinsi.

 

Baca Juga :