Antara Gempa dan Tsunami
Pendidikan

Antara Gempa dan Tsunami

Antara Gempa dan Tsunami

Antara Gempa dan Tsunami
Antara Gempa dan Tsunami

Assalamu’alaikum Quantumers,

Kita cari tahu yuk keterkaitan antara gempa dan tsunami.

Kita sering mendengar istilah gempa dan tsunami, namun kita belum terlalu memahami apa itu gempa dan tsunami, dan apa penyebab gempa dan tsunami tersebut, isini saya akan jelaskan satu persatu.
Gempa adalah guncangan yang kita rasakan dipermukaan bumi. Gempa diakibatkan oleh gaya endogen dan eksogen, gaya endogen adalah gaya yang berasal dari dalam bumi sedangkan gaya eksogen adalah gaya yang berasal dari luar bumi. Sedangkan, tsunami adalah gelombang air besar. Gelombang ini diakibatkan karena adanya gempa didasar laut sehingga dapat menimbulkan gelombang air yang cukup besar.

Terkadang gempa bumi dapat mengakibatkan tsunami maupun tidak. Hal ini karena untuk terjadinya tsunami, dibutuhkan syarat-syarat sebagai berikut: kedalaman gempa kurang dari 70 km, pusat gempa di dasar laut, besaran gempa lebih dari 7 SR, patahan berupa patahan lempeng naik-turun atau vertikalTerkadang gempa bumi dapat mengakibatkan tsunami maupun tidak. Hal ini karena untuk terjadinya tsunami, dibutuhkan syarat-syarat sebagai berikut: kedalaman gempa kurang dari 70 km, pusat gempa di dasar laut, besaran gempa lebih dari 7 SR, patahan berupa patahan lempeng naik-turun atau vertikal.

Metode evakuasi yang dilakukan dalam menghadapi fenomena alam semacam ini juga sangat bergantung kepada analisis geologi yang dilakukan setelah terjadinya gempa: apakah perlu dilakukan peringatan evakuasi untuk warga pergi ke tempat yang lebih tinggi ataukah cukup bagi warga untuk berlindung dari runtuhan, dsb. Dalam gempa Kebumen kemarin, tidak ada tsunami yang terjadi, dan tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material akibat bangunan yang runtuh, dsb.

Adalah sangat penting bagi kita para geologis untuk memahami hal-hal sederhana seperti gempa dan tsunami ini karena tidak bisa kita pungkiri bahwa negara kita ini merupakan wilayah yang aktivitas tektoniknya sangat aktif. Hubungan diantara keduanya ialah bahwasanya Tsunami tersebut diakibatkan oleh adanya gempa bumi yang sangat dahsyat.

Sumber : https://tribunbatam.co.id/typoman-mobile-apk/