3 Jenis Ikan Discus Termahal

3 Jenis Ikan Discus Termahal

3 Jenis Ikan Discus Termahal

3 Jenis Ikan Discus Termahal
3 Jenis Ikan Discus Termahal

Apakah anda tahu jenis ikan discus termahal? Sebelum saya menjawab hal tersebut, saya akan mencoba menginformasikan kenapa ikan jenis ikan ini bisa sangat mahal. Ikan discus adalah ikan yang sangat terkenal di kalangan masyarakat dari tahun 1990an.

Ikan discus dijuluki sebagai rajanya ikan hias air tawar karena ikan ini sangat menarik untuk dilihat dari bentuk tubuh dan warnanya. Sifat dari induknya yang unik, perkembangbiakannya yang sulit diduga, pasar ekspor dan lokal yang luas, dan harga benih dan induk yang relatif mahal.

jenis ikan discus berasal dari hutan amazon yang kaya akan segala jenis spesies hewan dan tumbuhan. Ikan discus adalah salah satu jenis hewan yang memiliki banyak variasi.  Sehingga peminat yang ingin memelihara ikan ini sangatlah banyak.

Jenis Ikan Discus Termahal

Bentuk tubuhnya yang unik tidak seperti kebanyakan ikan pada umumnya. Ikan discus terlihat begitu menawan apalagi dengan warna yang menghiasi tubuhnya. Terlihat begitu sempurna untuk di pelihara dalam aquarium, yang dapat menarik perhatian banyak orang.

Kita tahu bahwa jenis ikan koi dan ikan arwana dalam pasaran harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah, angka yang cukup tinggi dan mahal untuk sebuah ikan. Namun ikan discus tidak kalah mahalnya dengan ikan koi dan arwana, beberapa jenis menurut klasifikasinya dapat mencapai harga puluhan juta rupiah.

Berikut ini adalah beberapa Jenis Ikan discus termahal :

  • Albino Bulldog Chekerboard

  • Albino Bulldog Blue Diamond

  • Bulldog Leopard Snake

Albino Bulldog Chekerboard dan albino bulldog blue diamond adalah salah satu jenis klasifikasi ikan discus yang harganya dibanderol kisaran 12 juta rupiah untuk ukuran ikan sepanjang 2,5 inchi.

Sedangkan bulldog Leopard Snake adalah jenis klasifikasi ikan discus yang harganya mencapai kisaran 10 juta rupiah. Ikan-ikan tersebut diatas adalah hasil pengembangbiakan dari negara Malaysia.

Itulah beberapa jenis ikan discus termahal. Jika ukuran ikan yang masih kecil itu saja sudah mencapai kisaran harga semahal itu. Bagaimana jadinya bila ikan-ikan tersebut sudah mencapai ukuran yang besar ? Pasti harganya sangat luar biasa.

Harga yang sangat mahal untuk satu seekor ikan discus, jika dilihat dari segi perspektif kolektor sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Sebab untuk mendapatkan jenis spesies baru itu membutuhkan tenaga, pikiran dan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan diinginkan.

Ikan discus membutuhkan waktu 1 tahun untuk bisa siap disilangkan. Sebagai contoh kita sebut saja peranakan pertama ini adalah ikan A. Jika kita ingin menyilangkan ikan A agar menjadi peranakan yang baru, maka kita harus menunggu satu tahun lagi.

Jika kita ingin membuat peranakan yang baru lagi, berarti kita harus menunggu 1 tahun lagi. Begitu pun seterusnya. Hal ini menunjukan, ikan discus bisa dikembangkan lagi untuk menghasilkan jenis ikan discus yang baru.

Usaha untuk melestarikan ikan discus mendapat respon positif dari pemerintah setempat. Ikan ini juga dikembangkan di beberapa Negara di dunia seperti Malaysia, singapura, kanada, fhilipina dan Australia melalui program pemerintah di masing-masing Negara.

Jika anda penggemar ikan atau kolektor ikan. Jenis ikan discus termahal apa yang ingin anda miliki sebagai koleksi?